KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN PEMALANG PASCA LULUS SERTIFIKASI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kompetensi profesional guru Biologi SMA di Kabupaten Pemalang pasca lulus sertifikasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 guru SMA di Kabupaten Pemalang yang sudah disertifikasi dan sampel yang digunakan adalah 11 guru diambil secara purposive sampling. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat penguasaan materi guru yang sangat tinggi, tingkat keterampilan mengajar tinggi, dan tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP tinggi.
The purpose of this study was to examine the level of professional competence of Biology teachers of SMA in Pemalang District, after Teacher Certification Award. This research used qualitative descriptive method. The population used in this study were 25 teachers of SMA in Pemalang District who were already certified and samples used were 11 teachers taken by purposive sampling. Data were collected from observation, interview and documentation. The results of this research showed that the teachers demonstrated their very high level mastery of material , high level of teaching skills, and the high consistency of learning activities to lesson plan.
References
Jalal, F. 2007. Sertifikasi (Profesi) Guru, Sebuah Cita-
Cita dan Harapan. Warta Makna Dosen dan Sertifikasi 8(1):5-9.
Muslich, M. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Sertifikasi
Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2009a. Menjadi Guru Profesional Menciptakan
Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
. 2009b. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.
Bandung: Rosda.
Tim Redaksi NPM. 2008. Pedoman Penyelenggaraan Program dan Rambu-Rambu Penyusunan Kurikulum Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan. Jakarta:Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nasional.
Usman, M. U. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung
: PT Remaja Rosdakarya.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.