PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KLASIFIKASI HEWAN SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR BIOLOGI SMP
Abstract
Â
Video can be use as biology learning material supplement for animal classification that have an unprecise concept. This study aims to develop and assess the feasibility of animal classification video as biology learning material supplement for SMP. The study is Research and Development (R&D), the steps are potency and problem identification, data collection, product design (video), video evaluation and revision, limited trial and revision, wide-scale trial and revision, final production. In limited trial using VII D class which amounts to 30 students and wide-scale trial using VII A and VII E class which amounts 60 students. The datas of this study are determined from the evaluation of video by medium and material validator, teacher and students responses, and student learning outcomes. Video evaluation by medium and material validator gets average score 93,75% (very good). Students give positive responses, it shows by 86,7% of students give very good responses and 5% of students give good responses. Teacher also give positive response about video using in learning. Student’s completeness learning outcomes with the score ≥82 in VII A class reached 86,67% and 90% in VII E class. The conclusion of this study are animal classification video is developed with some steps and it suitable to be used as biology learning material supplement for SMP.
Video pembelajaran dapat digunakan sebagai suplemen bahan ajar biologi materi klasifikasi hewan yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan video pembelajaran materi klasifikasi hewan sebagai suplemen bahan ajar biologi SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang melalui tahapan identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk (video), validasi video dan revisi, uji coba awal dan revisi, uji coba pemakaian dan revisi, produksi final. Uji coba awal dilakukan pada 30 orang siswa kelas VII D dan uji coba pemakaian dilakukan pada 30 siswa kelas VII A dan 30 siswa kelas VII E. Data yang diperoleh berupa penilaian ahli materi dan ahli media, tanggapan guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Penilaian video pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi memperoleh skor rata-rata 93,75% (sangat baik). Siswa memberikan tanggapan positif, hal ini ditunjukkan dengan 86,7% siswa memberikan tanggapan sangat baik dan 5% memberikan tanggapan baik. Guru juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan video dalam pembelajaran. Ketuntasan hasil belajar pada kelas VII A mencapai 86,67% dan pada kelas VII E mencapai 90%. Simpulan dari penelitian ini adalah video pembelajaran materi klasifikasi hewan dikembangkan melalui beberapa tahapan dan layak digunakan sebagai suplemen bahan ajar biologi SMP.
References
Anni CT. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press
Aritonang KT. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur 10:11-21
Hamalik O. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Prastowo A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suheri A. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Informatika 2 (1): 27-3
Tugur H. 2009. Media Pembelajaran dan Implementasi Bahasa dan Sastra. Jurnal Prospektus VII (2): 125-136
Wahono RS, Agung EB, Uwes C, Ade K, Indarsjah T. 2007. Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas
Warsita B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wena M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.