PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

  • Tri Nurhidayah Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Enni Suwarsi Rahayu Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Nana Kariada T.Martuti Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Materials management environment, Guided inquiry approach

Abstract

Preliminary results showedthatduringtheworksheets thatenablestudentsto uselessandlessaboutstudentsusing the environmentas a learning resource. Research& development isdescribingworksheetsusedinSMP Negeri23Purworejo, developexistingworksheets, andmeasure the validity, effectiveness, andapplicability. worksheets characteristicsof the developmentusing theenvironmentas a learning resourcematerialsthat supportenvironmental management, containsactivities thatcan improvelearning outcomes, activities, processesandskills, as well asphysicallysuperiorthan thepreviousworksheets. worksheets developmentresultsandtheir validitytestedexpressedveryvalidbytwoexpertswith84% and effectivedevelopmentresultsare shownwith94% of studentspass the study, 100% of studentsactiveandveryactive, studentsareskilledand highlyskilled98.96%. Teachersandstudentsrespondverywell to theapplication ofthe results ofthe development of worksheets. Based on theresults ofthe studyconcludedthatbiologyworksheetswithguided inquiryapproachvalid, effective, andcan beappliedas amedium of learning.

Penelitian awal menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang selama ini digunakan kurang mengaktifkan siswa dan kurang memanfaatkan lingkungan sekitar siswa sebagai sumber belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendiskripsikan Lembar Kerja Siswa yang digunakan di SMP Negeri 23 Purworejo, mengembangkan, dan mengukur validitas, efektivitas, serta keterterapan. Karakteristik Lembar Kerja Siswa hasil pengembangan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar yang mendukung materi pengelolaan lingkungan, berisikan kegiatan yang mampu meningkatkan hasil belajar, aktivitas, dan keterampilan proses, serta lebih unggul secara fisik. Lembar Kerja Siswa hasil pengembangan diuji validitasnya dan dinyatakan sangat valid oleh kedua pakar dengan hasil penilaian 84% dan  siswa tuntas belajar ditunjukkan dengan 94%, 100% siswa aktif dan sangat aktif, siswa terampil dan sangat terampil 98,96%. Guru dan siswa memberikan tanggapan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing valid, efektif, dan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran.

Author Biographies

Tri Nurhidayah, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Enni Suwarsi Rahayu, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Nana Kariada T.Martuti, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Halawa E E H. 1998. Simulation worksheet (LKS) for development of steady-state simulation system of equations.Int J Mechanic Eng Edu 29(1): 1-11.

Hansen R. 2008. The roots of technical learning and thinking situating.TLT in School.J Technol Edu 20(1): 5-15.

Ibrahim M. 2010. Model Pembelajaran Inkuiri. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim & Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kustiono. 2009. Media Pembelajaran. Semarang: FIP UNNES

Mulyasa E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Suatu panduan praktis). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ozmen H & Yildirim N. 2005. Effect of work sheet on student success: Acids and bases sample. J Turkish Sci Edu 2(2): 10-13.

Rahayu AA. 2011. Pengembangan LKS Berbasis Permainan Edukatif pada Materi Tingkat Organisasi Kehidupan (Skripsi). Semarang: FMIPA UNNES.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata S. 1998. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yusuf Y. 2006. Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penggunaan peta konsep pada siswa kelas II.4 SMP N 2 Pekanbaru tahun ajaran 2004/2005.Jurnal Biogenesis 2 (2): 59-63.

Published
2014-04-01
Section
Articles