PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) DAN BERWAWASAN SALINGTEMAS
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas LKS yang digunakan, mengembangkan LKS dengan pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan berwawasan salingtemas, dan menentukan validitas, efektivitas, dan keterterapan LKS hasil pengembangan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Fokus penelitian adalah validitas, efektivitas, dan keterterapan LKS hasil pengembangan. LKS hasil pengembangan memiliki karakteristik mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata yang telah terjadi di sekitar siswa, berisikan kegiatan eksploratif dan point plus. LKS hasil pengembangan telah diuji rata-rata validitasnya dan dinyatakan sangat valid oleh ketiga validator dengan hasil penilaian 88,45%. LKS hasil pengembangan efektif ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa (90,27). Guru dan siswa memberikan tanggapan sangat tinggi terhadap penerapan LKS hasil pengembangan. Simpulan penelitian ini yaitu LKS hasil pengembangan dengan pendekatan PBP dan berwawasan salingtemas valid, efektif dan dapat diterapkan sebagai bahan ajar di SMA N 1 Nawangan.
Â
Â
Â
Abstract
___________________________________________________________________
This study aims to analyze the use worksheets, worksheets develop PBL and insightful approach salingtemas, and determine the validity, effectiveness, and apllicable worksheets result of the development. This type of research is research Research and Development. The focus of research is the validity, effectiveness, and apllicable worksheets result of the development. Worksheets result of the development has a characteristic product of the development of learning materials linked to the real situation that has been going around students, containing exploratory activity and contains a plus point. Worksheets has tested the validity of the results of development and expressed very valid by the validator third with 88.45% yield assessment. Worksheets effective development outcomes indicated by the increasing value of the average classroom student learning outcomes X.2 is 90.27. Teachers and students gave very high responses to the application of the results of development worksheets. The conclusions of this research is LKS develop PBL and insightful approach salingtemas valid, effective and can be applied as teaching materials in SMA N 1 Nawangan.
References
Anni, Catharina T dan Achmad Rifa’i. 2010. Psikologi Pendidikan.Semarang: UNNES Press.
Aryanto M. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Materi Sistem Saraf pada Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA Negeri I Batangan Pati. (Skripsi). Semarang: FMIPA UNNES.
Binadja A. 2000. Wawasan Salingtemas Dalam Pengembangan Kurikulum Sains. Dalam : Media MIPA (edisi khusus) : 1-15.
Darmojo & Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Daryati T. 2008. Peningkatan kualitas siswa melalui pendekatan Salingtemas. Di dalam :Edukasi. Semarang: FIP UNNES.
Halawa E E H. 1998. Simulation Worksheet (LKS) for Developmen of Steady-state Simulation System of Equations. International journal of mechanical Enginering Education volume 29, no 1.
Koestantoniah. 1995. Pembuatan LKS untuk Mata Pelajaran IPA. Edukasi. Januari-Maret. Hlm 51.
Mulyasa E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Suatu Panduan Praktis). Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Nawasih R. 2010. Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Melalui Metode Proyek di SMA N 4 Semarang (Skripsi). Semarang: FMIPA UNNES.
Rahayu SI. 2007. Motivasi Pembelajaran Melalui Pendekatan SETS. Makalah ini disampaikan pada Seminar Nasional Tentang Pembelajaran SETS di Sekolah Dasar. Semarang, 20 Juli 2007.
Thomas JW. 2000.†A review of research on project-based learning“. Online at http://173.226.50.98/sites/default/files/news/pbl_research2.pdf. [Accessed 15 February 2012].
Setiawan AT. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Two Stay-Two Stary berpendekatan SETS terhadap Hasil Belajar Kimia pada Teori Asam Basa Siswa SMA N 1 Comal Pemalang (Skripsi). Semarang: FMIPA UNNES.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widyastuti W. 2010. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Konsep Vertebrata di SMAN 1 Gubug Kabupaten Grobogan (Skripsi). Semarang: FMIPA UNNES
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.