PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain. Sampel yang digunakan adalah kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu tingkat keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Hasil uji perbedaan rata-rata nilai post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol (thitung > ttabel). Selain itu, rata-rata nilai akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yakni pada kelas eksperimen sebesar 83 dan ketuntasan belajarnya mencapai 100% sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai akhirnya sebesar 76 dan ketuntasan belajarnya hanya 89.7% . Hasil uji N-Gain juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dengan sesudah diberikan perlakuan (post-test) yakni kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek rata-rata peningkatannya sebesar 0.71 pada kriteria tinggi sedangkan pada kelas kontrol hanya 0.5 dan pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia.
Â
Abstract
___________________________________________________________________
This study aimed to describe the influence of project based learning for student learning outcomes in the lesson of human digestive system. This study is experimental research using Nonequivalent Control Group Design. The samples used were VIIID class as experimental class and control class VIIIE and sampling using purposive sampling technique. The independent variable in this research project based learning achievment level while the dependent variable is the student learning outcomes. The result average difference test value of post-test showed average value of post-test experimental class is better than control class (thitung >ttable). In addition, the results of experimental study average final value is higher than the control class in grade 83 and study completeness experiment amounted to 100% while control class average final value is 76 and study completeness only 89.7%. N-Gain test results also show that there is a increase between pre-given treatment (pre-test) and after a given treatment (post-test), which is a class that uses project based learning an average increase of 0.71 in the high criteria while control class only 0.5 and medium criteria category. Based on these results concluded that project based learning effect on student learning outcomes in the lesson of human digestive system.
References
Adnyawati, N.D.M.S. 2011. Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar tentang hidangan Bali. J Pendidikan dan Pengajaran 44(1-3):52-59.
Aritonang, K.T. 2008. Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur 7(10):11-21.
Asan A & Haliloglu Z. 2005. Implementing project based learning in computer classroom. The Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET 4(2):1-12.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hutasuhut, S. 2010. Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project based learning ) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi pembangunan Pada jurusan manajemen FE Unimed. Jurnal Pengantar Ekonomi Pembangunan Saidun 2(1):196-207.
Kamdi, W. 2006. Pembelajaran Berbasis Proyek. Online at http://lubisgrafura.wordpress.com/2006/09/23/pembelajaran-berbasis-proyek-model-potensial-untuk-peningkatan-mutu-pembelajaran/. Diunduh tanggal 14 Februari 2012.
[KEMENDIKNAS] Kementrian Pendidikan Nasional. 2007. Permendikanas No.41 Tahun 2007. Jakarta : KEPMENDIKNAS.
Muliawati. 2010. Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran Berbasis Proyek. Online at http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2197626-kelebihan-dan-kelemahan-pembelajaran-berbasis Proyek/. Diunduh tanggal 14 Februari 2012.
NTL [National Training Laboratories]. 1960. The Learning Pyramid. Online at http://siteresources.worldbank.org/Handout_The LearningPyramid.pdf. Diunduh tanggal 21 Januari 2013.
Purworini, S.E. 2006. Pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya mengembangkan habit of mind studi kasus di SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal pendidikan inovativ 1(2):1-3.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta.
Surindra. 2004. Arti dan Tujuan Pembelajaran Biologi. Online at http://www.desainwebsite.net/pendidikan/arti-tujuan-pembelajaran-biologi. Diunduh tanggal 7 April 2012.
Susanti E & Muchtar Z. 2008. Pendekatan project based learning untuk pembelajaran kimia koloid di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika & Sains. 3 (2):106-112.
Widiastuti, F.D.S. 2010. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Semarang pada Materi Limbah dan Daur Ulang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Widiyatmoko A & SD Pamelasari. 2012. Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(1) (2012) 51-56.
Widyaningrum, I. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Arthropoda Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA 1 Parakan Temanggung (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Zaenal, M. 2010. Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Protista di SMA Nusa Bhakti Semarang untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.