PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN MATERI KELANGSUNGAN HIDUP MAKHLUK HIDUP DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DI SMP NEGERI 2 BRANGSONG KENDAL
Abstract
Â
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menerapkan model investigasi kelompok pada materi kelangsungan hidup makhluk hidup dengan pendekatan jelajah alam sekitar di SMP N 2 Brangsong Kendal. Penelitian ini menggunakan desain one shot case study. Sampel yang digunakan adalah kelas IXc dan IXd, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran yang tergolong dalam kategori aktif dan sangat aktif pada kelas IXc pertemuan I, II, dan III adalah 82,9%, 85,8%, dan 88,6%. Sedangkan pada kelas IXd adalah 97,1% pada pertemuan I dan II, pada pertemuan III semua siswa termasuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Seluruh siswa telah mencapai KKM dan lebih dari 85% siswa hasil belajarnya optimal ( nilai hasil belajar >75). Secara umum, pembelajaran yang dilakukan guru sudah terlaksana sesuai RPP (kinerja guru sangat baik), sementara itu tanggapan siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan sangat baik. Secara umum guru memberikan tanggapan sangat baik terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model investigasi kelompok pada materi kelangsungan hidup makhluk hidup dengan pendekatan jelajah alam sekitar dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP N 2 Brangsong.
Â
Â
Abstract
___________________________________________________________________
This study aims to determine the aktivity and student learning outcomes in a model of learning by applying materials group investigation on the survival of living beings with JAS approach to cruising around in SMP N 2 Brangsong Kendal. This study design using the one shot case study. The sample used in a class IXc and IXd, sampling is determined by purposive sampling technique. The results showed that students in learning activities that belong in the category of active and very active in meeting IXc class I, II, III were 82,9%, 85,8%, and 88,6%. While in class IXd was 97,1% in the first and second meeting, at the third meeting of all students are included in the category of active and very active. All student have achieved KKM and more than 85% of students optimal learning outcomes (learning outcomes values > 75) in general, the learning that teachers already accomplished in accordance RPP (teacher’s performance is very good), while the response of students towards learning shows that most students responded very well. In general, the teacher gave an axcellent response to applied learning. Conclusions from this research group is investigating the application of the model to the material survival of living being with natural roaming around approach to optimize the activity and student learning outcomes in SMP N 2 Brangsong.
References
Eggan PD & DP Kauchak. 1995. Strategies fot teacher. United State of America: A Simon & Schuster Company
Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Haningsih, K . 2003. Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) Pada Konsep Protista Di Sma N 8 Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang
Ibrahim, H.M: F. Rachmadiarti: & M. Nur, Ismoyo.2000. Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains & Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana Unesa Surabaya: Penerbit University Press.
Marianti, A. & N. E. Kartijono. 2005. Jelajah Alam Sekitar (JAS). Makalah. Dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum Disain Inovasi Pembelajaran Jurusan Biologi FMIPA Unnes dalam rangka pelaksanaan PHK A2. Semarang: Biologi FMIPA Unnes.
Mulyani, S. 2011. Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Bulakamba (skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang
Noormatika, E. 2009. Pembelajaran Sub Materi Keanekaragaman Tumbuhan Menggunakan Media Quation Card dengan Pendekatan Kooperatif Di SMP N 1 Dawe Kudus(skripsi). Semarang: UNNES
Rusyana, C. 2010. Penerapan Pembelajaran Kontruktivisme Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SMP Ksatrian 1 Semarang (skripsi). Semarang:UNNES
Santosa, DT. 2009. Pemanfaatan kartu pembelajaran biologi dengan pendekatan STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi ekosistem di kelas VII SMP N 22 Semarang(skripsi). Semarang: UNNES
Sardiman. 2007. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo C Persada.
Sulistiyaningrum, T. 2010. Pemanfaatan Taman Dan Kolam Ikan SMP N 31 Semarang Sebagai Sumber Belajar Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup dengan Pendekatan JAS(skripsi). Semarang :UNNES
Slavin, R,E. 2009. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
Uno HB. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Wurianingrum, T. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Observasi Yang Divariasikan dengan LKS Word Square Pada Materi Klasifikasi Hewan di SMP N 8 Purworejo (skripsi). Semarang:UNNES
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.