PENERAPAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP BERBANTU KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA
Abstract
Â
Abstract
_____________________________________________________________The learning type that is still used by teacher is the conventional method. The material of Cell contained some abstract concepts. Students felt difficult to understand the concept of cell. Concept Attainment model was an inductive learning that could help student to find their own concept from the material. The picture card media could help student to understand the concept of cell. This study was aimed to analyzing concept attainment model with picture card on student achievement. This study is pre-eksperimental design research with one shoot case study approach is applied to class XI Science 3 and 4. Populations in this research are all class XI IPA. Sampling was using by purposive sampling. The results showed that> 80% of students achieve mastery of learning outcomes by KKM 75. the conclusions from this study was that application of concept attainment model of picture cards effect on student achievement on this material.
Abstrak
___________________________________________________________
Model pembelajaran yang digunakanoleh guru berupa metode ceramah. Materi sel berisikan konsep yang abstrak. Siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep pad amateri sel. Model pencapaian konsep merupakan model pembelajaran induktif yang mampu membantu siswa untuk menemukan sendiri konsep dari suatu materi. Media kartu bergambar membantu siswa untuk memahami konsep sel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran pencapaian konsep melalui kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sel. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan pendekatan one shoot case study yang diterapkan pada kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa >80% siswa mencapai ketuntasan hasil belajar dengan KKM 75. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pencapaian konsep berbantu kartu bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sel.
Â
Â
Â
Â
Â
References
Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Armin. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pencapaian konsep di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika 4 (1): 38-42.
Darsono M. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.
Gusti. 2006. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Biologi Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Model Pembelajaran Berbasis Gambar (Picture and Picture) Pada Siswa Kelas XI IPA MA Muhammadiyah Kota Padang Panjang. Jurnal Guru. 1 (3):33-47.
Harjono S. 2012. Model Pembelajaran Concept Attainment Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik. Journal of Educational Research and Evaluation 1 (2): 120-124.
Inayah R, T Martono, Hery S. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri 1 (1) : 1-12.
Joyce &Weil. 2009. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kalani A. 2009. A Study Of The Effectiveness Of Concept Attainment Model Over Conventional Teaching Method For Teaching Science In Relation To Acievement And Retention. International Research Journal 2 (5): 436-437.
Kumar A. 2013. Effect of Concept Attainment Model on Acquisition of Physics Concepts. Universal Journal of Educational Research 1 (3): 165-169.
Mukherjee M. 2011. Effectiveness Of Concept Attainment Model (CAM) In Terms Of Achievement In Science Of Class VIII. International Referred Reseach Journal 2 (18): 58-59.
Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munadi Y. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Noviyanti L. 2013. Keefektifan Penggunaan Kartu Bergambar Berbentuk Pop Up Card Pada Pembelajaran Siswa SMP. Lembaran Ilmu Kependidikan 42 (2): 76-83.
Ridwan R. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII J SMPN 4 Bukittinggi.Onlineat http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/download/460/260[diakses tanggal 4 Februari 2014].
Sudjana N & Rivai A. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Susiyanto. 2009. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep (Concept Attainment ) Dengan Bantuan Media Foto Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrokarbon Siswa Kelas X SMA 2 Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Uno H, N Lamatenggo & SKoni. 2010. Desain Pembelajaran. Bandung: MQS Publishing.
Wasilah EB. 2012. Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Praktikum IPA Melalui Penggunaan Media Kartu. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1): 82-90.
Yulianti F. 2012. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Tarbawi 2 (1) : 109-123.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.