PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SMP
Abstract
Abstract
Availability of various learning materials will increase student’s knowledge. Reality in field still limited of learning materials is used in learning process. The aim of this research is to determine global warming pocketbook which is appropriate to be used as learning materials in Junior High School, and to determine the feasibility and the effectiveness global warming pocketbook to be developed. This research design was Research and Development (R & D). The results assessment of media specialist and materials specialist showed that a global warming pocketbook was well worth the feasibility percentage, respectively for 96,4% and 93,3%. The response percentage of students on product trial was >50%. Student classical learning completeness obtained ≥75% (KKM: ≥75). The response percentage of teacher was >50%. Based on the above results, it can be concluded that global warming pocketbook which is appropriate with necessary of students and teacher is full colour and picture, consists of many exercises and information supported materials. A global warming pocketbook to be developed is feasible and effective for use as a learning materials in learning process.
Abstrak
Ketersediaan bahan ajar yang bervariasi akan meningkatkan pengetahuan yang diperoleh siswa. Kenyataan di lapangan masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku saku materi pemanasan global yang sesuai digunakan sebagai bahan ajar di SMP, serta mengetahui kelayakan dan efektifitas buku saku materi pemanasan global yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian Research and Development (R&D). Hasil penilaian ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa buku saku materi pemanasan global sangat layak dengan persentase kelayakan berturut-turut sebesar 96,4% dan 93,3%. Persentase tanggapan siswa pada uji coba produk mencapai >50%. Ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai ≥75% (KKM: ≥75). Persentase tanggapan guru mencapai >50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku materi pemanasan global yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru adalah buku saku yang penuh warna dan gambar, serta berisi banyak latihan soal dan informasi pendukung materi. Buku saku materi pemanasan global yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.
Â
References
‘Aini, S.S.Q. & Sukirno. 2013. Pocketbook as media of learning to improve students’ learning motivation. Jurnal Pendidikan Akuntansi XI, (2): 68-75.
Azizah, A. 2011. Pengembangan multimedia materi struktur dan fungsi sel untuk SMA. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Eliana, D. & Solikhah. 2012. Pengaruh buku saku gizi terhadap tingkat pengetahuan gizi pada anak kelas 5 Muhammadiyah Dadapan desa Wonokerto kecamatan Turi kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal KESMAS UAD, 6 (2): 162-232.
Fithriyah, I. & A.R. As’ari. 2013. Pengembangan media pembelajaran buku saku materi luas permukaan bangun ruang untuk jenjang SMP. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rahmawati, N.L., Sudarmin, & K.K. Pukan. 2013. Pengembangan buku saku IPA terpadu bilingual dengan tema bahan kimia dalam kehidupan sebagai bahan ajar di MTs. Jurnal Pendidikan IPA Unnes, 2 (1): 157-164.
Setyono, Y.A., Sukarmin, & D. Wahyuningsih. 2013. Pengembangan media pembelajaran fisika berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1): 118-126.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistyani, N.H.D., Jamzuri, & D.T. Rahardjo. 2013. Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pocket book dan tanpa pocket book pada materi kinematika gerak melingkar kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1): 164-172.
Untari, S. 2008. Pengembangan bahan ajar dan LKS mata pelajaran PKn dengan pendekatan deep dialoque/ critical thingking untuk meningkatkan kemampuan berdialog dan berpikir kritis siswa SMA di Jawa Timur. Jurnal Penelitian Kependidikan, 18(1): 154-177
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.