ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK URAIAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ika Rizki Agustina
Mulyono Mulyono
Mohammad Asikin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa kelas VIII SMP N 2 Patebon dalam menyelesaikan soal bentuk uraian materi garis singgung lingkaran berdasarkan taksonomi SOLO. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada jenis-jenis kesalahan Subanji dan Mulyoto. Subjek penelitian berjumlah 9 siswa yang dipilih dengan ketentuan level respon/jawaban yang diberikan siswa berdasarkan taksonomi SOLO. Penyusunan soal tes dan level respon/jawaban siswa berdasarkan tingkatan level soal pada taksonomi SOLO. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian yaitu yang memberikan level respon/jawaban tidak sesuai paling banyak dengan level soal yang diberikan. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya. Hasil penelitian diperoleh, dari 9 subjek yang diteliti cenderung melakukan kesalahan konsep dan kesalahan teknis dimana kesalahan ini hampir terjadi pada setiap subjek namun porsi kesalahannya berbeda-beda. Penyebab kesalahan yang dilakukan subjek yaitu kurang memahami materi prasyarat, tidak terampil mengaplikasikan rumus dalam menyelesaikan soal, kurang menguasai operasi aljabar dan ketidakcermatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Agustina, I., Mulyono, M., & Asikin, M. (2016). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK URAIAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11399

References

Asikin, M. 2002. Pengembangan Item dan Interpretasi Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Geometri Analit Berpandu pada Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 36(4). Tersedia di http://undiksha.ac.id/images/img_item/643.doc [ diakses 20-01-2015].
Ekawati, R. 2013. Studi Respon Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO. Tesis. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Legutko, M. 2008. An Analysis of Students’s Mathematical Errors in the Teaching Research Process. Handbook for Mathematics Teaching: Teacher Experiment. A tool for Research. Tersedia di http://dandcmathematicskit.wiki.westga.edu/file/view/resource+3.pdf. [diakses 10-05-2015]
Lipianto, D. & Budiarto M. T. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubungan dengan Persegi Panjang Berdasarkan Taksonomi SOLO plus pada Kelas VII. MATHEdunesa,ISO 690. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1218 [diakses 11-02-2015]
Malik, N. Q. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Segiempat dengan Panduan Kriteria Polya. Skripsi FMIPA. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Manibuy, R., Mardiyana & Saputro, D.R.S. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal FKIP, 2(9): 933-945. Tersedia di http://digilib.uns.ac.id/ [diakses 11-02-2015]
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nuroniah, M., Rochmad, R., & Wijayanti, K. 2013. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Dengan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme [diakses 10-03- 2015]
Putri, L.F. & Manoy, J.T. Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO. MATHEdunesa, 2.1. e journal.unesa.ac.id. ISO 690. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3339 [diakses 11-01-2015]
Rahman, R. F. 2010. Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2009/2010 dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pokok Segitiga. Skripsi FMIPA. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Rindyana, B.S.B., Chandra, T.D. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persaaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Matematika Universitas Negeri Malang. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel1B38E977F3512C05B4DF6426CD3B167F.pdf. [diakses 11-06-2015]
Suharso & Retnoningsih, A. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Suherman, E , dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.