KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING-PROMPTING DENGAN PENILAIAN PRODUK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dengan penilaian produk dan pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting materi keliling dan luas lingkaran dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dari pembelajaran ekspositori pada peserta didik kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs. Nurussalam Gebog Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Dengan cara acak terpilih sampel yaitu peserta didik kelas VIIIA dan VIIIC sebagai kelas eksperimen 1 dan 2, serta VIIIB sebagai kelas kontrol. Diperoleh hasil penelitian bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 sebesar 79,91, kelas eksperimen 2 sebesar 73,21, dan kelas kontrol sebesar 66,10. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh peserta didik kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar (individual dan klasikal). Dari hasil uji Anava nilai Sig.= 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan rata-rata, kemudian dilakukan uji lanjut Scheffe menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara masing-masing kelas. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting yang disertai dengan penilaian produk dan pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting materi keliling dan luas lingkaran dapat mencapai ketuntasan belajar, model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dengan penilaian produk lebih baik dari pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting, dan pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting lebih baik dari pembelajaran ekspositori.
The purpose of this study was to determine whether the cooperative learning of probing-prompting by assessing products of circle perimeter and circle area material could reach the completeness learning of students. The population of this study was the students of grade VIII MTs. Nurussalam Gebog Kudus year 2011/2012. Randomly, the selected samples were the students of VIIIA and VIIIC as the experiment classes 1 and 2, and the control class was VIIIB. The results showed that the learning outcome average of experiment class 1 was 79,91, experiment class 2 was 73.21, and 66.10 for the control class. From the result of the test was obtained that experiment class students achieved the learning completeness (individual and classical). From the test results of ANAVA Sig. value= 0.000 < 0.05 which was meant that there were differences in the average, then Scheffe test was done and showed the significant difference average between classes. The conclusions obtained were the cooperative learning of probing-prompting type by assessing products and the cooperative learning of probing-prompting type of circle perimeter and circle area materials could reach the completeness learning; the cooperative learning model of probing-prompting type by assessing products was better than the cooperative learning of probing-prompting type; and the cooperative learning of probing-prompting type was better than expository learning.