KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN MEA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LINGKARAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wilda Yulia Rusyida
Mohammad Asikin
Edy Soedjoko

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran ContextualTeaching and Learning (CTL) dan Model Eliciting Activities (MEA) pada siswakelas VIII materi keliling dan luas lingkaran dapat mencapai ketuntasan belajardan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran ContextualTeaching and Learning (CTL) dan Model Eliciting Activities (MEA). Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Ungaran tahun pelajaran2012/2013. Dengan menggunakan cluster random sampling terpilih sampel yaitusiswa kelas VIIIG dan VIIIH sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh siswa kelas eksperimen 1 dan 2mencapai nilai KKM, yaitu 80. Dari hasil uji kesamaan rata-rata satu pihakdiperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 1lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelaseksperimen 2. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran CTL dan MEApada materi keliling dan luas lingkaran dapat mencapai nilai KKM danpembelajaran CTL lebih baik dari pembelajaran dengan MEA.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Wilda Yulia Rusyida, Semarang State Uniiversity

Mathematics departement

Mohammad Asikin, Semarang State Uniiversity

Mathematics departement

Edy Soedjoko, Semarang State Uniiversity

Mathematics departement
How to Cite
Rusyida, W., Asikin, M., & Soedjoko, E. (2013). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN MEA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LINGKARAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3313

References

Anni, C. 2006. Psikologi Belajar. Semarang : UPT Unnes Press.

Chamberlin, S. A. 2008. Using Model-Eliciting Activities to Investigate concept in statistics. Waco, TX: Purfrock Press.

Chamberlin, S. A, and Moon, S.M. 2008. How Does The Problem Based Learning Approach Compare to The Model-Eliciting Activity Approach in Mathematics?. International Journal for Mathematics Teaching and learning. http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/chamberlin.pdf. [diakses 15-02-2013]

Depdiknas. 2007. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hapsari, R. 2008. Keefektifan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pembelajaran konvensional materi lingkaran SMP 1 Kendal. Skripsi Pendidikan Matematika Unnes: Tidak diterbitkan.

Johnson, E. B. 2007. Contextual teaching and learning. Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Kadir. 2009. Evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VIII SMP. Makalah yang disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Lampung, tanggal 24 Januari 2009.

Lesh, R. and Caylor, B. 2007. Introduction to the Special Issue: Modeling as Application versus Modeling as a Way to Create Mathematics. International Journal of Computers for Mathematics Learning 12: 173-194.

Polya, G. 1985. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Yu, S. & Chang, C. 2009. What Did Taiwan Mathematics Teachers Think of Model-Eliciting Activities and Modeling? 14. International Conference on the Teaching of Mathematical Modeling and Applications, ICTMA-14, University of Hamburg, Hamburg.