KEEFEKTIFAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI LINGKARAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ula Himatul Aliyah
Hardi Suyitno
Arief Agoestanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Resource Based Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran sub pokok bahasan persamaan garis singgung lingkaran dan mengetahui apakah penerapan model Resource Based Learning lebih baik dari Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang dianalisis dengan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen dan kontrol telah mencapai ketuntasan klasikal. Keaktifan peserta didik kelas eksperimen dan kontrol dalam pembelajaran mencapai kriteria sangat aktif. Kinerja guru selama pembelajaran mencapai kriteria sangat baik. Kelas eksperimen memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah penerapan Resource Based Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan penerapan Resource Based Learning lebih baik dari Problem Based Learning.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Ula Himatul Aliyah, Semarang State Uniiversity

Mathematics Departement

Hardi Suyitno, Semarang State Uniiversity

Mathematics Departement

Arief Agoestanto, Semarang State Uniiversity

Mathematics Departement
How to Cite
Aliyah, U., Suyitno, H., & Agoestanto, A. (2013). KEEFEKTIFAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI LINGKARAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3314

References

Ann, L. et al. 2004. Improving Analyzing Skills of Primary Students Using a Problem Solving Strategy. Journal of Science and Mathematics Education in S.E. Asia, Vol. 27, No. 1, pp. 33-35. Tersedia di www.recsam.edu.my/R&D_Journals/YEAR2004/jour04no.1/33-53.pdf [diakses 15-10-2012].

Butler, M. 2012. Resource-Based Learning and Course Design: A Brief Theoretical Overview and Practical Suggestions. Law Library Journal, 2012, Vol. 104:2, pp.219-244. Tersedia di http://ssrn.com/abstract=1940668 [diakses 15-10-2012].

Campbell, L. et al. 2011. Resource-Based Learning. Tersedia di http://lcambell.myweb.uga.edu/eportfolio/resourcebasedlearning.doc [diakses 15-10-2012].

Diknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Diknas.

Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, H. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay - Two Stray Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMA N 9 Bandung). Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.