KEEFEKTIFAN MODEL RTE BERBANTUAN MAGIC BOX PADA MATERI JARAK TERHADAP HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desti Anisa Zoraida
Amin Suyitno
Putriaji Hendikawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) yang diintegrasikan  dengan alat peraga pada materi jarak terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gombong yang sampelnya dipilih secara random cluster. Hasil belajar diambil berdasarkan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji banding anava, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan kelas yang diberi perlakuan model RTE mencapai ketuntasan, rataan kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas kontrol, rataan kelas eksperimen-2 lebih baik daripada kelas kontrol, rataan kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2, dan rataan kelas eksperimen-1 terbaik di antara ketiga kelas. Saran yang dapat direkomendasikan adalah penyampaian materi jarak dapat menggunakan model RTE berbantuan alat peraga dan model RTE dapat dilakukan pada pembelajaran materi lainnya dengan adanya variasi dan inovasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Desti Anisa Zoraida, Semarang State University

Mathematics departement

Amin Suyitno, Semarang State University

Mathematics departement

Putriaji Hendikawati, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Zoraida, D., Suyitno, A., & Hendikawati, P. (2013). KEEFEKTIFAN MODEL RTE BERBANTUAN MAGIC BOX PADA MATERI JARAK TERHADAP HASIL BELAJAR. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3316

References

Arifin. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Melalui Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Kelas X Semester II Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. VII. Hlm. 97-100, 2011. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rudiyanto, M.S. dan Waluyo, S.B.. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Volum Benda Putar Berbasis Teknologi dengan Strategi Konstruktivimse Student Active Learning Berbantuan CD Interaktif Kelas XII. Jurnal Unnes. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Trianto. 2007. Model­model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wolfe, Barbara, dan Kellie. ---. Active Learning Strategies: Or 37 Ways to Spruce Up Your Lectures. Minnesota: Public School and University of Minnesota.

Zakaria dan Iksan. 2007. Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics Education: A Malaysian Perspective. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education Vol. III. No. 1. Hlm. 35-39, 2007. Malaysia: Universiti Kebangsaan.

Zodik, I. dan Zaslavsky. 2007. Is a Visual Example in Geometry Always Helpful? Proceedings of The 31st Conference of The International Group for The Psychology of Mathematics Education, Vol. 4. Hlm. 265-272. 2007. Seoul: PME.