KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MMP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DISERTAI IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR GEOMETRI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dian Fitri Ariyani
Wuryanto Wuryanto
Ardhi Prabowo

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran MMP, mengetahui tingkat ketuntasan hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran STAD, mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran MMP dibandingkan STAD, mengetahui persentase ketuntasan belajar peserta didik yang dikenai pembelajaran MMP dibandingkan STAD, mengetahui pencapaian tingkat berpikir geometri peserta didik menurut Van Hiele. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 4 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran MMP maupun STAD dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model MMP lebih dari STAD; (3) persentase ketuntasan belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran MMP lebih dari STAD. Berdasarkan hasil penelitian (2) dan (3) tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran MMP efektif pada kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil penelitian didapatkan pula bahwa peserta didik dapat mencapai tahap berpikir geometri Van Hiele tingkat deduksi informal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Dian Fitri Ariyani, Semarang State University

Mathematics departement

Wuryanto Wuryanto, Semarang State University

Mathematics departement

Ardhi Prabowo, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Ariyani, D., Wuryanto, W., & Prabowo, A. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MMP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DISERTAI IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR GEOMETRI. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3341

References

An, S. et.al,. 2004. The Pedagogical Content Knowledge of Middle School, Mathematics Teacher in China and the U.S. Journal of Mathematics Teacher Education. 7: 145-172. Tersedia di http://www.cimm.ucr.ac.cr/ ciaemPortugues/articulos/pre/conocimiento/ [diakses 25-2-2013]

BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Good, T. L. & D. A. Grouws. 1979. Teaching and Mathematics Learning. Educational Leadership. 2: 39–45.
Krismanto, A. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Polya, G. 1973. How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. & C. Lake. 2007. Effective Programs in Elementary Mathematics: A Best-Evidence Synthesis. U.S.: John Hopkins University.

Suherman, E, dkk. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.