PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TAPPS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arum Nur Wulandari
YL Sukestiyarno
Sugiman Sugiman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan apakah pembelajaran matematika dengan model TAPPS dapat mengembangkan karakter kerja keras peserta didik, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik, serta apakah dapat mengantarkan peserta didik mencapai ketuntasan dalam hal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi, dan tes, dengan situasi sosial dipilih dari satu kelas yaitu kelas VII-B SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive, sehingga diperoleh lima subjek berdasarkan hasil tes pendahuluan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing subjek penelitian menunjukkan variasi pada perkembangan karakter kerja keras dan keterampilan pemecahan masalah, serta dapat mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal pada tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TAPPS dapat mengembangkan karakter peserta didik melalui tahap pengetahuan, pelaksanaan, dan pembiasaan, serta dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran pemecahan masalah, scaffolding, dan diskusi berpasangan. Pembelajaran ini terbukti dapat mengembangkan karakter kerja keras peserta didik, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik, dan dapat mengantarkan peserta didik mencapai ketuntasan pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Arum Nur Wulandari, Semarang State University

Mathematics departement

YL Sukestiyarno, Semarang State University

Mathematics departement

Sugiman Sugiman, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Wulandari, A., Sukestiyarno, Y., & Sugiman, S. (2013). PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TAPPS. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3364

References

Balitbang. 2012. Hasil Ujian Nasional Tahun pelajaran 2011/2012 untuk Perbaikan Mutu Pendidikan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Budiastuti, Emy. 2010. Strategi Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Praktek Busana. Makalah disajikan pada Seminar Nasional 2010 “Character Building for Vocational Education” Jur. PTBB, FT UNY 5 Desember 2010.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus No.1: 76-89 ISSN 1412-565X. Tersedia di http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf [diakses 15-06-2013].

Hasan, S. H., dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Materi disajikan sebagai bahan pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran berdasarkan Nilai-Nilai budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Yogyakarta : PPPPTK.

Johnson, S. D. & Chung. 1999. The Effect Of Thinking Aloud Pair Problem Solving On The Troubleshooting Ability Of Aviation Technician Students. Journal of Agricultural Education. Tersedia di http://scholar.lib.vt.edu/ [diakses 20-04-2012].

Kemendiknas. 2010. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Online. Tersedia di http://dikdas.kemdiknas.go.id/docs/dok_30.pdf [diakses 15-06-2013].

Kuswana, W. S. 2012. Taksonomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lepiyanto, A. 2011. Membangun Karakter Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bioedukasi, Volume 2, Nomor 1 Mei 2011. Online. Tersedia di http://www.ummetro.ac.id/file_jurnal/8.Agil Lepiyanto UM.pdf [diakses 20-06-2013].

Rajagukguk, W. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik dengan Penerapan Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan T.A. 2009/2010. Jurnal VISI. Tersedia di http://akademik.nommensen-id.org/portal/public_html/MM/VISIUHN/2011/VISI_Vol_19_No_12011/5_WamintonRaja-Gg.doc [diakses 15-06-2013].

Ratumanan, T. G. 2003. Pengaruh Model Pembelajaran Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP Di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Dasar. Tersedia di http://fip.unesa.ac.id/bank/jurnal/Pengaruh_Model_Pembelajaran_dan_ Gaya_Kognitif_terhadap_Hasil_Belajar_Matematika_siswa_SLTP_di_Kota_Ambon.pdf [diakses 20-04-2013].
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sunendar, T. 2013. Kerangka dan Struktur Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Widyaiswara Madya LPMP Jabar 2013.

Wah, L. L. K. 1998. Thinking Aloud about pair problem solving in chemistry. Institude of Education (Singapore). Journal Teaching & Learning 18: 2. Tersedia di http://repository.nie.edu.sg/jspui/bitstream/ 10497/399/1/TL-18-2-89.pdf [diakses 15-06-2013].

Most read articles by the same author(s)