KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEA BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dewi Indah Lestari
Supriyono Supriyono
Endang Sugiharti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran MEA berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi sukubanyak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM); untuk mengetahui hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi sukubanyak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM); untuk mengetahui hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran MEA berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi sukubanyak lebih baik daripada hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.  Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2012/2013.  Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan metode dokumentasi untuk analisis data awal dan metode tes untuk analisis data akhir.  Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran MEA berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sukubanyak.  Saran yang diberikan adalah dalam melaksanakan pembelajaran MEA guru sebaiknya dapat melakukan pengaturan waktu dengan baik serta lebih memotivasi peserta didik untuk lebih aktif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Dewi Indah Lestari, Semarang State University

Mathematics Education

Supriyono Supriyono, Semarang State University

Mathematics Departement

Endang Sugiharti, Mathematics Departement

Mathematics Departement
How to Cite
Lestari, D., Supriyono, S., & Sugiharti, E. (2014). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEA BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i1.3430

References

Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer Terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik

Mahapeserta didik. Disertasi. Bandung: Program Pasca Sarjana UPI.

Halizah, A., I. Ramly. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem Base Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. [Online]. Tersedia: http://waset.org/journals/ijhss/v3/v3-1-3.pdf [diakses tanggal 01-02-2013].

Linda Jesen S. 2013. Creativity and school mathematics: some modest observations. [Online]. Tersedia: http://link.springer.com/content/pdf/10.1007%2Fs11858-013-0484-8.pdf [diakses: 06-06-2013].

Maria K, Katerina Kontoyianni, Demetra Pitta-Pantazi, Constantinos Christou. 2013. Connecting mathematical creativity to mathematical ability. [Online]. Tersedia: http://link.springer.com/content/pdf/10.1007%2Fs11858-012-0467-1.pdf [diakses: 06-06-2013].

Nadem, A., M. Aness., A. Khizar., M. Naseer, & Gulam, M. 2012. Relationship of Creative Thingking with the Academic Achievements of Secondary School Students. [Online]. Tersedia: http://www.iijoe.org/IIJE_01_03_12.pdf [diakses tanggal 01-02-2013].

R. Leikin. 2013. Creativity and mathematics education: the state of the art. [Online]. Tersedia: http://link.springer.com/content/pdf/10.1007%2Fs11858-012-0459-1.pdf [diakses: 06-06-2013].

Serene S. Y. Choo , Jerome I. Rotgans , Elaine H. J. Yew , Henk G. Schmidt. 2011. Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learning. [Online]. Tersedia: http://link.springer.com/content/pdf/10.1007%2Fs10459-011-9288-1.pdf [diakses: 06-06-2013].

Simon & Newell. 1971. Human Problem Solving. [Online]. Tersedia: http://www.cog.brown.edu/courses/cg195/pdf_files/fall07/Simon%20and%20Newell%20(1971).pdf [diakses tanggal 29 Maret 2013].

Sugiarto. 2010. Bahan Ajar: Workshop Pendidikan Matematika I. Semarang: Jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
S
uherman, E. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Peserta didik. [Online]. Tersedia: http://educare.e-fkipunla.net/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=60 [diakses tanggal 06-04-2013].

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Pustaka Utama.

Sweller, John. 1988. Cognitif Load During Problem Solving: Effect on Learning. [Online]. Tersedia: http://dcom.arch.gatech.edu/old/Coa6763/Readings/sweller-88a.pdf [diakses tanggal 01-02-2013].

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2