KEEFEKTIFAN PBL BERBASIS NILAI KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ketercapaian ketuntasan belajar peserta didik yang diajar menggunakan model PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah, membandingkan model PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran dengan model ekspositori pada kemampuan pemecahan masalah, dan menganalisis pengaruh aktivitas peserta didik yang ditimbulkan oleh model PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gajah. Dengan menggunakan cluster random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII A dan VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi. Dari hasil uji hipotesis 1 yaitu uji ketuntasan individual dan klasikal diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan individual dan klasikal. Dari hasil uji hipotesis 2 yaitu uji perbedaan dua rata-rata dan dua proporsi diperoleh bahwa rata-rata dan proporsi ketuntasan peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata dan proporsi ketuntasan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis 3 yaitu analisis regresi linier sederhana diperoleh bahwa aktivitas peserta didik berpengaruh terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 85 %. Simpulan yang diperoleh adalah model PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah materi segiempat kelas VII.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Carson, J. 2007. “A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledgeâ€. The Mathematics Educator Journal Vol. 17, No. 2, 7–14.
Dewiyani. 2008. Mengajarkan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Sistem Informasi dan Komputer Volume 12 Nomor 2. Surabaya: STIKOMP.
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kemdiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Oguz-unver, A. & S. Arabacioglu. 2011. “Overviews On Inquiry Based And Problem Based Learning Methodsâ€. Western Anatolia Journal of Educational Sciences (WAJES). Turkey: Dokuz Eylul University Institute. Tersedia di http://web.deu.edu.tr/baed/giris/baed/ozel_sayi/303-310.pdf [diakses 4-2-2013].
Polya, G. 1957. How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2ndEdition). New York: Princeton University Press.
Rifa’i, A. & C.T. Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Taplin, M. 2007. Mathematics Through Problem Solving. Hongkong: Institute of Sathya Sai Education. Tersedia di http://www.mathgoodies.com/articles/problem_
solving.html [diakses 4-2-2013].
Wardhani. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.