KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGACU PADA MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Soviana Nur Savitri
Rochmad Rochmad
Arief Agoestanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP tuntas secara klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori, serta rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP lebih tinggi dari rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 21 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data kemampuan pemecahan masalah dengan metode tes dan data aktivitas siswa dengan metode observasi. Data tersebut diuji dengan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP tuntas secara klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol, dan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata aktivitas siswa kelas kontrol. Jadi, pembelajaran matematika mengacu pada MMP efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Soviana Nur Savitri, Semarang State University

Mathematics departement

Rochmad Rochmad, Semarang State University

Mathematics departement

Arief Agoestanto, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Savitri, S., Rochmad, R., & Agoestanto, A. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGACU PADA MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3444

References

Dewiyani, 2008. Mengerjakan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Langkah Polya. Stikom Jurnal, 12(2):87-95. Tersedia di http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/ 122088796.pdf [diakses 20-1-2013]

Good, T.L. & D.A Grouws. 1979. The Missouri Mathematics Effectiveness Project : An Experimental Study in Fourth-Grade Classrooms. Journal of Educational Psychology, 71(3):355-362. Tersedia di http://journals. ohiolink.edu/ejc/article. cgi?issn=00220663 &issue=v71i0003&article=355_tmmepaesifc [diakses 15-3-2013]

Hamalik, O. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorienttasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Westwood, P. 1996. Effective Teaching. Australian Journal of Teacher Education, 21(1) : 66-84. Tersedia di http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol21/iss1/5 [diakses 5-1-2013]