KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fuad Muttaqid Alba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan model generatif dan model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemacahan masalah siswa kelas X materi jarak pada bangun ruang dan untuk mengetahui pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dan pembelajaran dengan model pembelajaran MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yang berada dalam sepuluh kelas. Sepuluh kelas tersebut kemudian dipilih dua kelas secara acak untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X 7 sebagai kelas eksperimen 2. Uji ketuntasan belajar memberikan hasil yaitu siswa kelas eksperimen 1 dan 2 telah mencapai ketuntasan belajar. Uji proporsi memberikan hasil yakni kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 1 sama baiknya dibanding kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 2. Hasil Penelitian menunjukkan pembelajaran model generatif dan MMP efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi jarak pada bangun ruang dan pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif sama efektifnya dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Fuad Muttaqid Alba, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Alba, F. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4473

References

Anderman, E. M. 2010. Reflections on Wittrock’s Generative Model of Learning: A Motivation Prespective. School of Educational Policy and Leadership Education, Volume 45(1): pages 55-60 (ISSN NO. 0046-1520).
Anthony, G. & Walshaw, M. 2009. Characteristics of Effective Teaching of Mathematics: A View from the West. Journal of Mathematics Education, Volume 2(2): pages 147-164 (ISSN NO. 0473-0111).
Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Permendiknas no.22 tahun 2006.
Depdiknas. 2012. Pemanfaatan Hasil UN Tahun Pelajaran 2011/2012 Untuk Perbaikan mutu Pendidikan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Idris, N. 2009. The Impact of Using Geometers’ Sketchpad on Malaysian Students’ Achievement and Van Hiele Geometric Thinking. Journal of Mathematics Education, Volume 2(2): pages 94-107 (ISSN NO. 0473-0111).
Krismanto, A. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Slavin, R. E. & C. Lake. 2007. Effective Programs in Elementary Mathematics: A Best-Evidence Synthesis. U.S.: John Hopkins University.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Yogyakarta: Bumi Aksara.