PENGARUH MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizqani Nur Agustin

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  motivasi  dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi model pembelajaran CPS berbantuan Cabri-3D, untuk  mengetahui  apakah  motivasi  dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi dengan model ekspositori berbantuan Cabri-3D dan mengetahui apakah rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi model pembelajaran CPS lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan model ekspositori. Populasi  pada  penelitian  ini  adalah  199  siswa  kelas VIII  SMP  Negeri  1Slawi  tahun  pelajaran  2012/2013.  Pengambilan  sampel  dilakukan dengan  teknik  random  sampling sehingga  terpilih  kelompok  eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran CPS berbantuan Cabri-3D dan kelompok  kontrol  dengan  perlakuan  model  pembelajaran  ekspositori berbantuan Cabri-3D.  Pengambilan  data dilakukan  dengan  metode  tes  dan  metode  observasi.  Analisis  data  hasil  tes kemampuan pemecahan masalah siswa meliputi Uji Kesamaan Dua Rata-rata dan Uji Regresi Ganda. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwamotivasi  dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil tes pemecahan masalah dengan implementasi model pembelajaranCPS berbantuan Cabri-3D,motivasi  dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi model ekspositori berbantuan Cabri-3D dan  rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi model pembelajaran CPS lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan model ekspositori.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Rizqani Nur Agustin, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Agustin, R. (2014). PENGARUH MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4477

References

Anni, C.T., dkk. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT AsdiMahasatya.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jica.
Isaksen, Scott G. On The Conceptual Foundations of Creative Problem solving: A Response to Magyari-Beck. Volume 4 Number 1 March 1995.
Pepkin, K.I. 2004.Creative Problem Solving in Math.Tersedia di http://www.uh.edu/hti/cu/2004/v02/04. [diakses tanggal 19 Februari 2013].
Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugandi, A. 2007.Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Unnes.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: UPI.
Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.