PENGARUH MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi model pembelajaran CPS berbantuan Cabri-3D, untuk mengetahui apakah motivasi dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi dengan model ekspositori berbantuan Cabri-3D dan mengetahui apakah rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi model pembelajaran CPS lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan model ekspositori. Populasi pada penelitian ini adalah 199 siswa kelas VIII SMP Negeri 1Slawi tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelompok eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran CPS berbantuan Cabri-3D dan kelompok kontrol dengan perlakuan model pembelajaran ekspositori berbantuan Cabri-3D. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Analisis data hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa meliputi Uji Kesamaan Dua Rata-rata dan Uji Regresi Ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwamotivasi dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil tes pemecahan masalah dengan implementasi model pembelajaranCPS berbantuan Cabri-3D,motivasi dan aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi model ekspositori berbantuan Cabri-3D dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan implementasi model pembelajaran CPS lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan model ekspositori.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT AsdiMahasatya.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jica.
Isaksen, Scott G. On The Conceptual Foundations of Creative Problem solving: A Response to Magyari-Beck. Volume 4 Number 1 March 1995.
Pepkin, K.I. 2004.Creative Problem Solving in Math.Tersedia di http://www.uh.edu/hti/cu/2004/v02/04. [diakses tanggal 19 Februari 2013].
Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugandi, A. 2007.Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Unnes.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: UPI.
Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.