STUDI KOMPARATIF MODEL CIRC DAN MMP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diah Aprilia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC dapat mencapai KKM secara klasikal, (2) hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran MMP dapat mencapai KKM secara klasikal, dan (3) rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran MMP. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cluwak. Dengan teknik random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi pihak kiri dan uji kesamaan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 telah mencapai KKM secara klasikal. Hasil uji kesamaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran MMP.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Diah Aprilia, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Aprilia, D. (2014). STUDI KOMPARATIF MODEL CIRC DAN MMP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4481

References

Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Good, T. L. & Grouws, D. A. 1979. Teaching and Mathematics Learning. Journal of Theacher Education. 2: 39-45.
Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Krismanto, A. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mahmudi, A. 2008. Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nath, L. R., & Ross, S. M. 2001. The Influence of a Peer-Tutoring Training Model for Implementing Cooperative Groupings with Elementary Students. ETR&D, 49 (2): 41-56. Online. Tersedia di http://download.springer.com/static/pdf/719/art%253A10. 1007%252FBF02504927.pdf?auth66=1398853151_ae5316503613b3202e939338938d910c&ext=.pdf[diakses 28-04-2014]
Siswono, T. Y. E. 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi. Surabaya: UNESA.
Slavin, R. E. 2010. Co-operative Learning: What Makes Groupwork Work?. U.S.: University of York and Johns Hopkins University.
Slavin, R. E. & Lake, C. 2007. Effective Programs in Elementary Mathematics: A Best-Evidence Psychology. U.S.: Johns Hopkins University.
Slavin, R. E., Lake, C., Cheung, A., & Davis, S. 2009. Beyond the Basics: Effective Reading Programs for the Upper Elementary Grades. U.S.: University of York and Johns Hopkins University.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA.
Sutarno, H., Nurdin, E. A., & Awalani, I. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran TIK. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.