KEEFEKTIFAN MODEL POGIL BERBANTUAN ALAT PERAGA BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ika Fujiati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model POGIL berbantuan alat peraga dan berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Batang tahun pelajaran 2013/2014. Dengan menggunakan simple random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes dan angket. Data dianalisis menggunakan independent samples t-test, paired samples t-test, uji proporsi, dan regresi linear. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelas yang dikenai pembelajaran model POGIL berbantuan alat peraga dan berbasis etnomatematika pada aspek kemampuan komunikasi matematis mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang dikenai pembelajaran model POGIL berbantuan alat peraga dan berbasis etnomatematika lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori, sikap siswa terhadap budaya setelah dikenai pembelajaran model POGIL berbantuan alat peraga dan berbasis etnomatematika lebih baik daripada sikap siswa sebelum dikenai pembelajaran model POGIL berbantuan alat peraga dan berbasis etnomatematik, sikap siswa terhadap budaya berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 70,4%. Jadi, pembelajaran model POGIL berbantuan alat peraga dan berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Ika Fujiati, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Fujiati, I. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL POGIL BERBANTUAN ALAT PERAGA BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4482

References

Aditya, R. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Pogil dan Optimalisasi Strategis dengan Humor. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Bistari. 2010. Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 1: 11-23.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian. 1:76-89.

Hamalik, O. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Izmirli. 2011. Pedagogy on the Ethnomathematics-Epistemology Nexus: A Manifesto. Journal of Humanistic Mathematics. 1: 27-50.
Munawar, H. A. 2013. Keefektifan Pendekatan Aptitude Treathment Interaction Berbantuan CD Interaktif terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sardjiyo. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. Volume 6 No. 2. Hal 83-98.
Sugiarto. 2009. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Suyitno, A. 2001. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: FMIPA Unnes.