KEEFEKTIFAN MODEL GDI BERBANTUAN SMB TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Vivi Rolitasari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GDI (Guided Discovery-Inquiry) berbantuan SMB (Smart Mathematics Board) dapat mencapai ketuntasan belajar, (2) keefektifan model pembelajaran GDI berbantuan SMB dibandingkan model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Dengan teknik simple random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan belajar (uji t dan uji proporsi) dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji beda rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GDI berbantuan SMB efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Semarang pada materi segiempat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Vivi Rolitasari, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Rolitasari, V. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL GDI BERBANTUAN SMB TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4485

References

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S.B & A. Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hirstein. 2007. The Zoltan of Impact Dienes on Mathematics Teaching in the United States. Online. Tersedia di http://www.math.umt.edu /TMME/Monograph2/ Hirstein .pdf. Montana: The Montana Mathematics Enthusiast [Diakses 12 April 2013].
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Mandal, RR. 2009. Learning Strategies to Enhance Writing Skill: The Modern Journal of Applied Linguistics (online) Volume 1. Tersedia di http://mjal.org/Journal/Coop.pdf, [diakses 11 Januari 2013].
Polya, G. 1973. How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
Suyitno, A. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA Unnes.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.