KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novita Hartriani
Rahayu Budhiati Veronica

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran TSTS berbasis RME dengan model pembelajaran ekspositori; (2) untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar  yang menggunakan model pembelajaran TSTS berbasis RME lebih dari yang menggunakan model ekspositori; dan (3) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TSTS berbasis RME terhadap kemampuan penalaran matematik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang, pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Hasil penelitian setelah dianalisis diperoleh: (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar; (2) rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran TSTS berbasis RME lebih dari yang menggunakan model pembelajaran ekspositori; dan (3) model pembelajaran TSTS berbasis RME efektif. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran TSTS berbasis RME efektif terhadap kemampuan penalaran matematik

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hartriani, N., & Veronica, R. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7445

References

David et. all. 2011. Introducing Logarithms Using Realistic Mathematics Education. Tersedia di http://journals.tc-library.org/index.php/matheducation/article/viewFile/639/405 [28-8-2014].

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kwon, Oh Nam. 2004. Conceptualizing the Realistic Mathematics Education Approach in the Teaching And Learning of Ordinary Differential Equations. Tersedia di http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0CCYQFjAC&url=http%3A%2F%2Fwww.math.uoc.gr%2F~ictm2%2FProceedings%2FinvKwo.pdf&ei=28b-U52HCNSVuATM8IHQBg&usg=AFQjCNF5fikqgZV_WYwSJfhN3c7M7oVs2w&bvm=bv.74035653,d.c2E [28-8-2014].

Lie, Anita. 2005. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Sumarmo, U. 2006. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Penelitian UPI. Tersedia dihttps://www.academia.edu/4609768/Sumarmo_Pembelajaran_Keterampilan_Membaca_Matematika_pada_Siswa_Sekolah_Menengah [19-2-2014].

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, Dian Susi, dkk. 2012. Model Pembelajaran RME (Realistics Mathematic Education) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Krapyak 2 Tahun Ajaran 2011/2012. Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1700 [7-7-2014].

Yogaswara, Bismar. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Purwosari Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer Semester Genap 2011/2012. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/41/482 [7-7-2014].