TINGKAT BERPIKIR KREATIF PADA GEOMETRI SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DALAM SETTING PROBLEM BASED LEARNING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dhidik Joko Purnomo
Mohammad Asikin
Iwan Junaedi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tingkat berpikir kreatif pada geometri siswa SMP Kelas VII ditinjau dari gaya kognitif dalam setting Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kreatif matematika dan wawancara. Analisis tes berpikir kreatif matematika mengacu pada tiga komponen berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif diperoleh hasil tingkat berpikir kreatif (TBK) 3 yang berarti kreatif, (2) tingkat berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya kognitif impulsif diperoleh tingkat berpikir kreatif (TBK) 1 yang berarti kurang kreatif dan tingkat berpikir kreatif (TBK) 4 yang berarti sangat kreatif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purnomo, D., Asikin, M., & Junaedi, I. (2015). TINGKAT BERPIKIR KREATIF PADA GEOMETRI SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DALAM SETTING PROBLEM BASED LEARNING. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7450

References

Awang, H & I. Ramly. 2008. Creative Learning Skill Approach Though Problem-Based Learning: Pedagogy and Pracice in the Engineering Clasroom. International Journal of Human and Social Sciences.3. 18-22. Tersedia di http://waset.org/publications/15369. [diakes 11-07-2014].

Barak, Moses. & Doppelt, Yaron. 2000. Using Portfolio to Enhance Creative Thinking. The Journal of Technology Studies Summer-Fall 2000, Volume XXVI, Number 2. Tersedia di http://scholar.lib.vt.edu/ejournals.[diakses 03-03-2015]

Bassey, Sam. W & Umoren, Grace. 2009. Cognitive Styles, Secondary School Students’ Attitude And Academic Performance In Chemistry In Akwa Ibom State– Nigeria. Tersedia di www.hbcse.tifr.res.in/episteme/episteme-2/e-proceedings/bassey. [diakses 29 Oktober 2014]

Fathiya, Rina Nurul. 2014. Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Menggunakan PBL dengan Tugas Pengajuan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education,vol 3 no 1 2014.

Kemendikbud. 2013. Kurikukum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Ningsih, P R. 2012. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Gamatika, Vol. II No.2 Mei 2012.

Rahman, A. 2008. Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis Dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 072, Tahun ke-14, Mei. 452-473.

Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. http://www.emis.de/iournals/ZDM/zdm973a3.pdf. Volume 29, Juni 1997, No. 3, Electronic Edition ISSN 1615-679X [24 Juni 2014]

Siswono, T. Y. E. 2004. Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Makalah disajikan pada Konferensi Himpunan Matematika Indonesia. Bali: FMIPA UNESA. Tersedia di http://tatagyes. files.wordpress.com/2009/11/paper04_berpikirkreatif2.pdf. [diakses 8-12-2014].

. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains”, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun X, No. 1, Juni 2005. ISSN 1410-1866, hal 1-9.

. 2006. Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Dalam Matematika. Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang, 24-27 Juli 2006

. 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi. Tidak dipublikasikan. PPs UNESA Surabaya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Solso, Robert L. 1995. Cognitive Psychology. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Warli. 2008. Pentingnya Memahami Gaya Kognitif Impulsif-Reflektif bagi Guru. Majalah Ilmiah Sain dan Edukasi, Vol.6, No. 2 Juli 2008. Lembaga Penelitian IKIP PGRI Jember

. 2009. Proses Berpikir Anak Reflektif Dan Anak Impulsif Dan Anak Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Paedagogi, Vol 5 No 2 2009. FKIP Universitas Siliwangi

..2010. Profil Krativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika. Disertasi. Tidak dipublikasikan PPs UNESA Surabaya.