PENGEMBANGAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL LAPS-HEURISTIK MATERI LINGKARAN KELAS-VIII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Wahyuni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik pada materi lingkaran kelas-VIII dapat mengembangkan karakter kedisiplinan peserta didik, (2) apakah pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik pada materi lingkaran kelas-VIII dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, (3) apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik pada materi lingkaran kelas-VIII dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, artinya menggambarkan atau mendeskripsikan kejadian-kejadian yang menjadi pusat perhatian secara kualitatif dan berdasar data kualitatif. Penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis gain untuk mengukur peningkatan. Analisis kualitatif menunjukkan karakter kedisiplinan dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat, serta kemampuan pemecahan masalah peserta didik mencapai KKM melalui model pembelajaran LAPS-Heuristik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wahyuni, S. (2015). PENGEMBANGAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL LAPS-HEURISTIK MATERI LINGKARAN KELAS-VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7594

References

Adhi. 2014. Pengertian dan Fungsi Pendidikan Menurut Para Ahli. Portal Informasi Indonesia. Tersedia di http://dbagus.com/Pengertian-dan-Fungsi-Pendidikan-Menurut-Para-Ahli [diakses 21-01-2015].

Astari R., Elza. 2014. Siswa SMA 109 Tewas karena Tawuran, Mendikbud: Harus Ditangani Secara Hukum. Detik News Online 21 Desember 2014. Tersedia di http://m.detik.com/news/read/2014/11/14/190208/2748954/10/siswa-sma-109-tewas-karena-tawuran-mendikbud-harus-ditangani-secara-hukum [diakses 10-01-2015].

Damayanti, T. 2013. Pembelajaran Pendekatan BBL Berbantuan Sirkuit Matematika untuk Meningkatkan Karakter dan Pemecahan Masalah kelas VIII Materi Geometri.Skripsi.Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta:Raja Gravido Persada.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Khafifah, N. 2014. Forum Guru Terima 11 Laporan Kecurangan Terkait Ujian Nasional. Detik News. Tersedia di http://m.detik.com/News/read/2014/04/14/ 030541/2553901/10/forum-guru-terima-11-laporan-kecurangan-terkait-ujian-nasional. [diakses 30-12-2014]

Rasben,Gede,dkk.2001. Pengaruh Model Pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap Hasil Belajar TIK Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan. Jurnal program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha tersedia di http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/ jurnal_ep/article/ view/1147pengaruh model pembelajaran laps [diakses 15-12-2014].

Tahrir, H. 2014. Kecurangan UN; Ada Apa Dunia Pendidikan?. Buletin Remaja Islam. Tersedia di http://hizbut-tahrir.or.id/2014/05/10/Kecurangan-un-ada-apa-dunia-pendidikan. [diakses 30-12-2014]

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia di www.inherent_dikti.net/files/sisdiknas.pdf [diakses 15-01-2015]

Utami, W.N. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Gallery Walk terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Vol. 3 No. 2, Agustus 2014.

Wulandari, A.N. 2013. Pengembangan Karakter dan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Matematika dengan Model TAPPS. Unnes Journal of Mathematics Education Vol. 2 No. 3, November 2013.