EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DBL BERBASIS IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA DI KELAS VIII TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI GEOMETRI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ice Afriyanti
Emi Pujiastuti
Amin Suyitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rata-rata kemampuan penalaran perta didik kelas VIII menggunakan model DBL dengan alat peraga manipulatif mencapai KKM; (2) rata-rata kemampuan penalaran peserta didik kelas VIII menggunakan model DBL dengan alat peraga manipulatif lebih baik daripada model ekspositori pada materi limas. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2014â„2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel yaitu peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi: observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji prporsi dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan penalaran peserta didik kelas VIII menggunakan model DBL dengan alat peraga manipulatif mencapai KKM; (2) rata-rata kemampuan penalaran peserta didik kelas VIII menggunakan model DBL dengan alat peraga manipulatif lebih baik model ekspositori.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afriyanti, I., Pujiastuti, E., & Suyitno, A. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DBL BERBASIS IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA DI KELAS VIII TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI GEOMETRI. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7597

References

Arsefa, D. 2014. Kemampuan Penalaran Matematika Peserta didik Dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Bandung: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Bandung.

Bani, A.2011. Meningkatkan Kemampuan Pema haman dan Penalaran Matematik Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung.Tersedia di http://jurnal.upi.edu/file/2­Asmar_Bani.pdf [16-1-2015].

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Illahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & mental Vocational Skill. Yogyakarta: DIVA Press.

Kartono. 2010. Hands on Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Peserta didik. Electronic Journal of UNNES. Tersedia di http:∕∕www.e­ journal.unnes.ac.id [diakses 23-12-2014].

Moyer, R.E.2004. Should There Be a Three- Strikes Rule Against Pure Discovery Based Learning (DBL), 59(I): 14-19.

National Council of Teacher of Mathematics. 2000.
Principles and Standards for School Mathematics. United State of America: Library of Congress Cataloguing.

Ojose, B. & L. Sexton. 2009. The Effect of Manipulative Materials on Mathematics Achievement of First Grade Students. The mathematics Educator, 12(3): 3-14.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor 19. 2005. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. 2013. Jakarta.

Rifa’i, A. & Anni, C.T.2011. Psikologi Pendidikan.
Semarang: UPT UNNES Press.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suharjana,A. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika.Jakarta: Depdiknas.

Sudjana.2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sundaya, R. 2013. Media Pembelajaran Matematika
(untuk guru, calon guru, orang tua, dan para
pecinta matematika). Bandung: Alfabeta.

Triastuti, R. 2014. Keefektifan Model CIRC Berbasis Joyfull Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. http://www.journal.unnes.ac.id

Wardhani, S.2010. Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian hasil belajar matematika. Yogyakarta: Pusat Pengmbangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wenning, C.J. 2011. The Level Of Inquiry Model Of
Science Teaching.Departement of Physics,
6(2): 1-20. Tersedia di www.phy.ilstu.edu)∕jpteo∕.