KEEFEKTIFAN MODEL PjBL DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIK SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zulfa Ainurrizqiyah
Mulyono Mulyono
Hery Sutarto

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatan kemampuan koneksi matematik, apakah terdapat perbedaan serta manakah yang lebih baik antara pembelajaran dengan model PjBL dengan tugas creative mind-map dan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X materi Trigonometri. Penelitian eksperimen yang dilakukan dengan pre and posttest control group design ini memiliki populasi yakni siswa kelas X SMAN 1 Sukorejo tahun ajaran 2014/2015. Dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih sampel yaitu siswa kelas XB sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori dan XC sebagai kelas eksperimen dengan model PjBL dengan tugas creative mind-map. Data kemampuan koneksi matematik dianalisis menggunakan uji proporsi, uji beda rata-rata. Berdasarkan uji proporsi, diperoleh lebih dari 75 % siswa kelas eksperimen mencapai nilai ketuntasan belajar, yaitu 75. Selain itu, diperoleh adanya perbedaan hasil kemampuan koneksi matematik antar kedua kelas dimana kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Sedangkan untuk peningkatan menggunakan uji t berpasangan dan gain ternormalisasi dengan hasilnya yaitu terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematik pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, M., & Sutarto, H. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PjBL DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIK SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7600

References

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Frastica, Z.R.2013.Peningkatan Kemampuan koneksi Matematis melalui Pendekatan Open-ended pada Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Gender.skripsi.UIN Yogyakarta.

Jussof, et al. 2010. Motivating Students Using Project Based Learning (PjBL) via e-SOLMS Technology. World Applied Sciences Journal, 8 (9) : 1086-1092. ISSN 1818-4952.

NCTM.1989.Curriculum and Evaluation Standards. Amerika:The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics.Diakses dari http://www.ams.org/notices/200008/comm-ferrini.pdf pada tanggal 15 Januari 2013.

OECD.2012.PISA 2012 Results in Focus: What 15¬year­olds know and what they can do with they know

Ruseffendi, E.T. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung:Tarsito

Sari, A. A. and Jarnawi, A.D. (2008) Pengaruh Pemberian Tugas Creative Mind Map setelah Pembelajaran Terhadap Kemampuan Kreativitas dan Koneksi Matematik Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. ISSN 978-979-16353-1-8

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. Diambil pada tanggal 11 Desember 2014 dari http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl

Widyantini, Theresia.2014.Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Yogyakarta:PPPPTK Matematika.