KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN POMAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI SEGITIGA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desy Trya Hapsari
Supriyono Supriyono
Putriaji Hendikawati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran MMP dapat mencapai ketuntasan secara klasikal, mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran MMP lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran ekspositori, dan mengetahui terdapat pengaruh keaktifan siswa dengan model MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP N 14 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel kelas VII-E sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model MMP berbantuan media pomat dan kelas VII-G sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran ekspositori. Hasil uji ketuntasan klasikal, diperoleh ketuntasan belajar dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen. Hasil uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis regresi linier sederhana, diperoleh adanya pengaruh positif keaktifan siswa kelas eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif. Simpulan diperoleh pembelajaran dengan model MMP mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa model MMP lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ekspositori, dan terdapat pengaruh positif keaktifan siswa model pembelajaran MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Desy Trya Hapsari, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Supriyono Supriyono, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Study Program

Putriaji Hendikawati, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Study Program
How to Cite
Hapsari, D., Supriyono, S., & Hendikawati, P. (2015). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN POMAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI SEGITIGA. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9052

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Career Center Maine Departement of Labor. 2004. Today’s Work Compentence in Maine. [Online].Tersedia:http://www.maine.gov/labor/lmis/pdf/EssentialWorkCompentencies.pdf. [1 Mei 2013]
Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Good, T.L & Doughlas A. Grows. 1979. The Missouri Mathematics Effectiveness Project (MMEP): An Experimental Study in Fourth-Grade Classrooms. Journal fo Educational Psychology Vol. 71 (3). 355-362
Herawati,A dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Pohon Matematika Pada Materi Bangun Datar Segitiga dan Segiempat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII-5 SMP Negeri 13 Balipkapapan. Artikel Ilmiah Universitas negeri Malang. Malang
Munandar, U. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Pramudiyanti, N. 2013. Keefektifan Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dimensi Tiga. Unnes journal of Mathematics Education Vol.2. Semarang : Unnes
Ruseffendi, H.E.T. 2010. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito Bandung
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Siswono, T.Y.E. 2011. Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review Vol. 6 (7). 548-553
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta