KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Marita Ayuning Tyas
Mulyono Mulyono
Sugiman Sugiman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E efektif terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 2 Kendal tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Terpilih dua kelompok sampel, yaitu kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E dan X-5 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji gain.. Diperoleh hasil bahwa penggunaan model Learning Cycle 7e dapat menjadikan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mencapai kriteria ketuntasan, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori dan (3) menjadikan minat siswa terhadap aktivitas belajar matematika lebih tinggi daripada minat siswa terhadap aktivitas belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E efektif terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Marita Ayuning Tyas, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Mulyono Mulyono, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Sugiman Sugiman, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Study Program
How to Cite
Tyas, M., Mulyono, M., & Sugiman, S. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9053

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional. 2013. Laporan Hasil dan Statistik Nilai Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dahar, R.W. 1988. Teori–Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Einsenkraft,A. 2003. Expanding the 5E Model. Tersedia di http://emp.byui.edu/firestonel/bio405/readings/learning%20models/expanding%205e.pdf . [diakses 17-03-2015].
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Joyce, B., Marsha W., & Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching Eight Edition. Traslated by Fawaid, Ahmad & Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.2006
Polyiem,T., Nuangchalerm,P and Wongchantra,P. 2011. Learning Achievement, Science Process Skills, and Moral Reasoning of Ninth Grade Students Leaned by 7E Learning Cycle and Socioscientific Issue-based Learning. Australian Journal of Basic and Applied Sciences. 5(10): 257-564.
Priambodo, et.al.2014. Keefektifan Model Learning Cycle Berbantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education. 3(2): 94-100.
Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen, Direktorat Tenaga Kependidikan.
Saraswati, et.al.2012. Penerapan Pembelajaran Two Stay-Two Stay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat. Unnes Journal of Mathematics Education. 1(1): 32-37.
Sinambela, P. 2008. Faktor-faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Generasi Kampus, 1(2): 74-85.
Siribunnam, R and Tayraukham, S. 2009. Effect of 7-E, KWL and Conventional Instruction on Analytical Thinking, Learning, Achievement and Attitudes toward Chemistry Learning. Journal of Social Sciences. 5(4): 279-282.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2