PEMBELAJARAN MODEL REACT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novi Citra Wulandari
Dwijanto Dwijanto
Sunarmi Sunarmi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model REACT dengan pendekatan Saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa kelas VIII. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Slawi tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar individu dan klasikal, hasil tes kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan ada pengaruh kerjasama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran model REACT dengan pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa kelas VIII.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Novi Citra Wulandari, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Dwijanto Dwijanto, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Sunarmi Sunarmi, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Study Program
How to Cite
Wulandari, N., Dwijanto, D., & Sunarmi, S. (2015). PEMBELAJARAN MODEL REACT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9054

References

BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
BSNP. 2007. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: BSNP.
Crawford, M.L. 2001. “Teaching Contextually: Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Tersedia di http://www.cord.org/uploadedfiles/Teachi ng_Math_Contextually.pdf [diakses 12-2-2015]
Cord. 2001. Teaching Mathematics Contextually. The Cornestone of Tech Prep.CORD Communications, Ins.
Ennis, R. H. 2000. A Super­Streamlined Coonception of Critical Thinking. http://www.criticalthinking.net/ssConcCT Apr3.html [diakses 5-01-2015].
Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Aneka Setia.
Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.
Kemendikbud. 2013. Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013.
Maftukhin, M. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Unnes Journal of Mathematics Education Vol 3 No. 1 2014.
Marjan, Arnyana, & Nyoman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e­ Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4.
Mullis, Ina V.S., Michael O. Martin, Pierre Foy, & Alka Arora. 2011. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Amsterdam: IEA.
OECD. 2006. Programme for International Student Assessment (PISA) 2006 – Technical Report.
OECD. 2009. Programme for International Student Assessment (PISA) 2009 – Executive Summary.
OECD. 2012. Programme for International Student Assessment (PISA) 2012 Result in Focus­ What 15­years­old know and what they can do with what they know.
Rifa’i, A dan C. T. Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.
West. Michael. 1998. Effective Teamwork Kerja Sama Kelompok yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2