PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MATERI GEOMETRI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kedisiplinan siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN1 Ampelgading tahun pelajaran 2014/2015. Dua kelompok dipilih secara acak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes hasil belajar, metode observasi kedisiplinan, dan kuesioner kedisiplinan. Data dianalisis dengan uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, uji kesamaan dua proporsi, dan uji Gain. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT dapat mencapai ketuntasan belajar, rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT lebih dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran DI, proporsi ketuntasan hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT lebih dari proporsi ketuntasan hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran DI, kedisiplinan siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT lebih baik dari kedisiplinan siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran DI, penerapan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar dan kedisiplinan siswa. Jadi, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar dan kedisiplinan siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Crawford, M. L. 2001. Teaching Contextually: Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Texas: CORD. Tersedia di http://www.cord.org/ Teaching%20Contextually%20%28Crawford%29.pdf [diakses 25-01-2015].
Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Mendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Rahmawati, J., I. Hidayah, & Darmo. 2013. Keefektifan Experiential Learning dengan Strategi REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 1-6. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme [diakses 06-09-2015].
Rusyida, W. Y., M. Asikin, & E. Soedjoko. 2013. Komparasi Model Pembelajaran CTL dengan MEA terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-7. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme [diakses 06-09-2015].
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setiyobudi, N. 2013. Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Skripsi. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutama, Haryoto, & S. Narimo. 2013. Contextual Math Learning Based on Lesson Study Can Increase Study Communication. International Journal of Education, 5(4), 48-60. Tersedia di http://www.macrothink.org/journal/index.php/ije/article/viewFile/4440/3626 [diakses 21-02-2015].