The Effectiveness of SAVI Learning in Achieving Communication Ability and Mathematical Disposition for Eighth Grader Keefektifan Pembelajaran SAVI pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fauziah Fauziah
ENDANG RETNO WINARTI
Kartono Kartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran SAVI pada pencapaian kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa kelas VIII materi persamaan garis lurus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwungu Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 268 siswa. Sampel diambil secara acak sebanyak 68 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran SAVI dan kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran direct instruction. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Analisis tes kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji t dan uji proporsi. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran SAVI efektif pada pencapaian kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa kelas VIII materi persamaan garis lurus.


 


This research aimed to analyze the effectiveness of SAVI learning in achievement of mathematical communication’s ability and mathematical disposition of students on VIII grade in line equation. The Population in this research is class VIII SMP Negeri 1 Kaliwungu in the school year of 2015/2016 as many as 268 students. The samples were selected randomly as many as 68 students which consist of two group that is the an experimental group which applied SAVI learning and a control group which applied direct instruction. Methods of data collection were used observation, test, and questionaire. Analysis of mathematical communication’s ability test using the t test and proportions. Conclusions from this research that SAVI learning is effective in achievement of mathematical communication’s ability and mathematical disposition of students on VIII grade in line equation.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fauziah, F., WINARTI, E., & Kartono, K. (2017). The Effectiveness of SAVI Learning in Achieving Communication Ability and Mathematical Disposition for Eighth Grader. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 1 - 9. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.9579

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Atallah, F . et al. (2010). A Research Framework for Studying Conceptions and Dispositions of Mathematics: A Dialogue to Help Students Learn. Research in Higher Education Journal. Tersedia di http://www.aabri.com/manuscripts/10 461.pdf. [diakses 10-02-2015]
Brenner, M. (1998). Development of mathematical communication in problem solving groups by language minority students. Bilingual Research Journal. 22(2):74-149. Tersedia di http://www.cimm.ucr.ac.cr/resoliciond problemas/PDFs/Mary%20E%Brenner .pdf. [diakses 08-02-2015] BSNP . (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta : BSNP .
BSNP . (2012). Laporan Hasil Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012. Jakarta: BSNP .
BSNP . (2014). Laporan Hasil Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2013/2014. Jakarta: BSNP .
DePorter, B., et al. (2005). Quantum Teaching. Terjemahan Nilandari, Ary. Bandung: Mizan Media Utama.
Fatmawati. (2015). Study Literasi Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model SAVI yang Menggunakan Metode Brainstorming Terhadap Konsistensi Konsepsi dan Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Seminar Nasional Fisika 2015 UNJ. Vol IV , Oktober 2015.
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research) (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: DIA-BERMUTU.
Kilpatrick, J., J. Swafford, & B. Findell. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. United States: The National Academies Press.
Kusmayuda, I. G. N. et al. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berorientasi Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Tejakula. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.
Mariya, D., Z. Mastur, & E. Pujiastuti. (2013). Keefektifan Pembelajaran SAVI Berbantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education. 2 (2).
Meier, D. (2003). The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, terjemahan Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.
Milawati, T. (2011). Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). JPMIPA UPI. Edisi khusus No. 2, Agustus 2011.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Novarizka, C. dan Rohana. (2011). Pengaruh Model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, visual, Intellectually) terhadap Pemahaman Konsep Siswa di SMP Bina Tama Palembang dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Permendiknas No.22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006.
Ramadhan, A. F ., Mulyono, & Sunarmi. (2013). Keefektifan Model SAVI Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segiempat Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education. 2 (2).
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pembelajaran Investigasi. EDUCATIONIST. 3(2):129-136.
Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Tersedia di http://www.infokursus.net/download/ 0604091354Metode_Penel_Pengemb_Pembelajaran.pdf [diakses 20-03-2015]
UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.