PEMBELAJARAN TSTS BERBASIS KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran
matematika model TSTS (Two Stay Two Stray) berbasis konstruktivisme
berbantuan CD pembelajaran untuk menumbuhkan komunikasi matematis siswa
yang valid dan efektif, dan (2) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas
eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Subyek penelitian ini siswa
kelas VIIIa SMPN 16 Pekalongan. Penelitian menggunakan model pengembangan
perangkat pembelajaran 3D Thiagarajan yang terdiri dari fase define, desain dan
developdengan mengembangkan Silabus, RPP, Buku Siswa, LKS, CD pembelajaran
dan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (TKKMS). Instrumen
yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari lembar validasi perangkat
pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas, angket motivasi, lembar pengamatan
pembelajaran, angket respon siswa dan TKKMS. Hasil l penelitian adalah: (1)
perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan nilai validasi silabus 3,81,
RPP 3,84, Buku Siswa 3,71 , LKS 3,54, CD pembelajaran 3,60 dan TKKMS 3,73;
(2) pembelajaran dengan model TSTS berbasis Konstruktivisme efektif, ditandai
dengan tercapainya: (a) ketuntasan rata-rata kemampuan komunikasi matematis
sebesar 80,16 melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70 dan proporsi
ketuntasan klasikal melebihi 75%, (b) ketuntasan aktivitas dan motivasi melebihi
KKM, (c) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 80,16 lebih baik dari pada kelas kontrol sebesar 70,44.
Abstract
Purposes of this research: (1) produces of mathematical teaching equipments model TSTS
based-of constructivism helped by CD Learning to grow-up student’s mathematical com-
munication competences‘s (MCCT) valid, (2) obtain’s learning mathematical effectiveness
of TSTS based-of constructuvism helped by CD Learning to grow-up MCCT, and (3)
mathematical communication competences of experiment class better than control class. The
subjects the research is the 8thA grade SMPN 16 Pekalongan. This research have been de-
signed by using modification 3D Thiagarajan model consisting of phase define, design, and
develop. The developed teaching equipment consists of syllabus, lesson-plan, student’s book,
student’s worksheets, CD Learning and MCCT. Instrument of this research are activity obser-
vation, motivation’s check list, learning observation and student check list. Results of this re-
search: (1) teaching learning equipments developed are valid with validation value of syllabus
3,81, lesson plan 3,84, student’s book 3,71, student’s worksheets 3,54, CD Learning 3,60 and
MCCT 3,73; (2) learning processes is effective, marked by: (a) the average mastery of MCCT
80,16 and the clasical mastery of MCCT exceed 75%; (b) the average mastery of activity and
motivations more than minimum criteria; (c) the MCCT experiment class with an average of
80,16 is better than the control class of 70,50.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran
matematika model TSTS (Two Stay Two Stray) berbasis konstruktivisme
berbantuan CD pembelajaran untuk menumbuhkan komunikasi matematis siswa
yang valid dan efektif, dan (2) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas
eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Subyek penelitian ini siswa
kelas VIIIa SMPN 16 Pekalongan. Penelitian menggunakan model pengembangan
perangkat pembelajaran 3D Thiagarajan yang terdiri dari fase define, desain dan
developdengan mengembangkan Silabus, RPP, Buku Siswa, LKS, CD pembelajaran
dan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (TKKMS). Instrumen
yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari lembar validasi perangkat
pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas, angket motivasi, lembar pengamatan
pembelajaran, angket respon siswa dan TKKMS. Hasil l penelitian adalah: (1)
perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan nilai validasi silabus 3,81,
RPP 3,84, Buku Siswa 3,71 , LKS 3,54, CD pembelajaran 3,60 dan TKKMS 3,73;
(2) pembelajaran dengan model TSTS berbasis Konstruktivisme efektif, ditandai
dengan tercapainya: (a) ketuntasan rata-rata kemampuan komunikasi matematis
sebesar 80,16 melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70 dan proporsi
ketuntasan klasikal melebihi 75%, (b) ketuntasan aktivitas dan motivasi melebihi
KKM, (c) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 80,16 lebih baik dari pada kelas kontrol sebesar 70,44.
Abstract
Purposes of this research: (1) produces of mathematical teaching equipments model TSTS
based-of constructivism helped by CD Learning to grow-up student’s mathematical com-
munication competences‘s (MCCT) valid, (2) obtain’s learning mathematical effectiveness
of TSTS based-of constructuvism helped by CD Learning to grow-up MCCT, and (3)
mathematical communication competences of experiment class better than control class. The
subjects the research is the 8thA grade SMPN 16 Pekalongan. This research have been de-
signed by using modification 3D Thiagarajan model consisting of phase define, design, and
develop. The developed teaching equipment consists of syllabus, lesson-plan, student’s book,
student’s worksheets, CD Learning and MCCT. Instrument of this research are activity obser-
vation, motivation’s check list, learning observation and student check list. Results of this re-
search: (1) teaching learning equipments developed are valid with validation value of syllabus
3,81, lesson plan 3,84, student’s book 3,71, student’s worksheets 3,54, CD Learning 3,60 and
MCCT 3,73; (2) learning processes is effective, marked by: (a) the average mastery of MCCT
80,16 and the clasical mastery of MCCT exceed 75%; (b) the average mastery of activity and
motivations more than minimum criteria; (c) the MCCT experiment class with an average of
80,16 is better than the control class of 70,50.