PEMBELAJARAN BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar yang dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan. Masalah yang perlu dipecahkan dalam penelitian ini, yaitu: (a) apakah hasil pengembangan bahan ajar matematika bermuatan pendidikan karakter dengan pendekatan konstruktivisme itu valid dan praktis, dan (b) apakah pembelajaran menggunakan bahan ajar tersebut efektif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi bahan ajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, angket respon guru dan
siswa, dan instrumen tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Adapun teknik analisis data dengan analisis diskriptif untuk uji validasi, lembar pengamatan, dan angket dan uji banding serta analisis regresi untuk uji efektif. Bahan ajar yang
dihasilkan adalah valid karena telah divalidasi dengan rata-rata skor 3,54. Bahan ajar yang dihasilkan praktis karena mendapat respon positif dari siswa dan guru. Pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan efektif, karena hasil prestasi belajar siswa tuntas secara individu (KKM 75) dan klasikal dengan ketuntasan 75%, pengaruh aktivitas terhadap kemampuan pemahaman konsep cukup tinggi yaitu 73,3%, dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik
dari kelas kontrol.
Abstract
This research is the development of mathematics material that is done by using 4-D Thiagarajan model. Problem that needs to be solved in this research, which is: (a) is the
result of developing lesson material containing character education with constructivism approach valid and practical, and (b) is learning by using that lesson material effective. The technique of collecting data in this research is using validation sheet of the lesson material,
observation sheet of student’s activities, the questionnaires of teachers and students responses, and test instrumen to know the students’ learning achievement. The technique of analyzing
data is using descriptive analyzes for validation test, observation sheets, and questionnaire. Comparative test and regression analysis is for effectiveness test. The resulted lesson material
is valid because it has been validated with the average score 3.54, the resulted lesson material is practical because it got positive response from both teachers and students. Learning using
the developed material is effective because the students result completely passes the minimum criteria both individually (75) or classically (75%), activity influence to concepts understanding ability high enough which is 73,3%, and students` learning achievement of experiment class better than control class.