PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MELALUI LABORATORIUM TEENZANIA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika bermuatan pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif dengan pendekatan problem posing melalui laboratorium Teenzania pada materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D Thiagarajan. Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS,
buku siswa, dan THB. Instrumen yang dikembangkan meliputi lembar validasi, lembar angket, dan lembar pengamatan. Metode pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil validasi silabus 4,20; RPP 4,30; buku siswa 4,22; dan LKS 4,19, dengan skor maksimal 5. Jadi semua memenuhi kriteria valid. Perangkat pembelajaran praktis yang ditandai oleh respons positif siswa 83,74%, skor respons guru 45 dari skor maksimal 60 dengan kriteria baik, dan skor
kemampuan guru mengelola pembelajaran 25,75 dari skor maksimal 36 dengan kriteria baik. Pembelajaran efektif yang ditandai oleh rata-rata prestasi belajar 81,38 memenuhi batas KKM 75 dan 80% lebih siswa mendapatkan nilai lebih besar dari KKM, rata-rata prestasi belajar kelas ekperimen 81,38 lebih besar dari kelas kontrol 75,31, dan aktivitas serta keterampilan proses berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar 83,1%.
Abstract
The study’s purpose to develop the mathematic learning materials contains character education was valid, practical, and effective with problem posing approach using Teenzania laboratory for exponentiation, root, and logarithm.The study was development research used 4-D Thiagarajan model. The learning materials developed included syllabus, lesson plan, student’s worksheet, handbook, and achievement test. The instrument developed included
validation sheet, questionnaire sheet, and observation sheet. The method of collecting data by using test method, documentation, observation, and questionnaire. The validation result of syllabus 4.20; lesson plan 4.30; handbook 4.22; student’s worksheet 4.19, with maximum score 5. So, all fulfilled valid criteria. The practical learning materials signed by the student’s positive response 83.74%, the teacher’s response score 45 from the maximum score 60 with good criteria, and the teacher’s capability score in learning management 25.75 from maximum score 36 with good criteria. The effective learning signed by the average of learning achievement 81.38 that fulfilled KKM 75 and more than 80% student’s got score greater than
KKM, the average of learning achievement in experimental class 81.38 greater than control class 75.31, and the activity also process skill influenced the learning achievement 83.1%.