Abstract

Kemampuan Berpikir Kreatif  Matematis (KBKM) siswa dan pembentukan karakter rasa ingin tahu siswa merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran Open Ended (OEL) berbasis etnomatematika, salah satu model pembelajaran yang  dapat diterapkan untuk meningkatkan KBKM  siswa dan pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu (KRIT) siswa. Penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan kondisi awal  KBKM siswa, (2) menguji  keefektifan pembelajaran OEL bernuansa etnomatematika terhadap KBKM, (3) menganalisis  hasil pembentukan KRIT siswa pada pembelajaran OEL bernuansa etnomatematika, (4) menganalisis hasil pembentukan Keterampilan Proses Berpikir Kreatif Matematis (KPBKM) siswa pada pembelajaran OEL bernuansa etnomatematika,(5) menganalisis hasil pembentukan  Karakter Cinta Budaya Lokal  (KCBL) siswa pada pembelajaran OEL bernuansa etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan desain sequential exploratory.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA.          Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi awal kemampuan berpikir kreatif siswa rata-rata berada pada tahap kemampuan yang rendah ; (2) Efektifitas pembelajaran ditunjukkan dengan rata-rata KBKM siswa kelas eksperimen mencapai KKM yaitu 70 mencapai 87%, Uji ketuntasan diperoleh , Uji beda rata-rata diperoleh   KRIT siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dengan besar pengaruh 51,7% dengan  persamaan   dan uji gain selisih beda rata-rata diperoleh  dengan 3) Diperoleh analisis pembentukan KRIT siswa dan  peningkatan KRIT siswa dengan skor gain setiap pertemuannya 0,05; 0,12; 0,58; 0,52; 0,33; 0,89; peningkatan keterampilan proses  berpikir kreatif siwa dengan skor gain setiap pertemuannya 0,07; 0,13; 0,54; 0,31; 0,36; 0,84; peningkatan karakter cinta budaya lokal  siswa pada skor angket pertemuan pertama dan terakhirnnya dengan rata-rata 3,06 dan 4,27.