Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model PISA-CPS dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika (KLM) ditinjau dari metakognisi siswa pada model PISA-CPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods dengan concurrent embedded desaign. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang, Jawa Tengah. Kemudian dilakukan analisis data kuantitatif dan kualitatif berdasarkan metakognisi siswa kelompok rendah, sedang dan tinggi. Setelah itu diambil KLM dari metakognisi siswa rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran PISA-CPS tuntas dan kemampuan literasi matematika ditinjau dari metakognisi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran PISA-CPS lebih tinggi dari pembelajaran ekspositori. Metakognisi siswa rendah memiliki KLM kurang baik, Metakognisi siswa sedang memiliki KLM cukup baik, metakognisi siswa tinggi memiliki KLM sangat baik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran PISA-CPS efektif terhadap KLM siswa. Untuk meningkatkan KLM siswa maka guru perlu memberikan penguatan berupa latihan soal-soal literasi matematika supaya KLM siswa pada level 5 dan level 6 tercapai.