Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Diperlukan model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu yaitu pembelajaran model problem-based learning dengan masalah open ended.  Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji keefektifan pembelajaran model problem-based learning dengan masalah open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu, (2) menguji pengaruh rasa ingin tahu terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian mix methods. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem-based learning dengan masalah open ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan variabel rasa ingin tahu siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada analisis kemampuan berpikir kreatif matematis, siswa kelompok atas menguasai keempat indikator, siswa kelompok tengah menguasai tiga indikator dan belum menguasai indikator keterincian (elaboration). Sedangkan siswa kelompok bawah hanya menguasai indikator kelancaran (fluency) dan keaslian (originality), serta belum menguasai indikator keluwesan (flexibility) dan keterincian (elaboration). Pada analisis rasa ingin tahu, kelompok atas memiliki empat indikator rasa ingin tahu, kelompok tengah memiliki tiga indikator rasa ingin tahu dan belum memiliki indikator upaya mencari masalah yang menantang. Sedangkan kelompok bawah sudah memiliki kemampuan untuk aktif dalam bertanya dan berupaya mencari sumber lain, namun belum memiliki upaya untuk mencari masalah yang lebih menantang dan keinginan mengetahui lebih mendalam materi yang dipelajari.