Abstract

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mendesain bahan ajar Aljabar Linear yang dapat memfasilitasi berkembangnya kemampuan pemahaman matematis mahasiswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah Pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Agar diperoleh bahan ajar yang sesuai dengan harapan penelitian maka skema penelitian kali ini hanya sampai pada tahapan pengembangan. Pada tahapan pendahuluan dilakukan analisis profil mahasiswa meliputi analisis kemampuan awal matematis (KAM) mahasiswa dan  motivasi belajar mahasiswa. Pada tahapan pengembangan dilakukan kegiatan validasi ahli dan uji praktikalitas terhadap bahan ajar. Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan adalah penilaian para ahli (validator) terhadap bahan ajar yang telah dirancang berada pada kategori valid dengan revisi kecil pada bagian soal-soal latihan. Hasil uji praktikalitas bahan ajar diperoleh persentase sebesar 87,81% dengan interpretasi sangat praktis. Sementara itu, hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dapat menuntaskan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa baik secara klasikal maupun individual.


This research specifically aims to design a Linear Algebra courseware that can facilitate the development of students' mathematical understanding skills. Research Methods used are the Research and Development which consists of three stages are the preliminary stage, development stage, and the stage of dissemination. In order to obtain the material that is in accordance with the expectations of research, the research scheme this time only to the stage of development. In the preliminary stage, student profile analysis includes analysis of students' prior mathematical knowledge (PMK) and student achievement motivation. At the stage of development carried out expert validation activities and practicality test of courseware. The results showing that the development stage is the assessment of the experts (validator) that have been designed to be in a valid category with a small revision on the part of the exercise. The result of the experimental test of the courseware obtained the percentage of 87.81% with very practical interpretation. Meanwhile, the results of limited trials indicate that the courseware that have been developed to complete the skill of students' mathematical understanding both in classical and individual.