MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE OPEN-APPROACH MENGGUNAKAN POWERPOINT UNTUK MENCAPAI TUNTAS BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui ketuntasan pembelajaran matematika dengan metode open approach menggunakan powerpoint. Variabel bebas adalah motivasi belajar siswa dan ketrampilan proses, dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Cara pengambilan data dengan metode angket, observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis deskriptif, analisis uji t satu variabel dan analisis regresi. Berdasarkan analisis uji t satu variabel menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode open approach dengan menggunakan powerpoint mencapai standar ketuntasan pada motivasi, ketrampilan proses dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis regresi motivasi belajar siswa yang ditumbuhkan dengan pembelajaran open approach dengan menggunakan powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (66,9%), ketrampilan proses siswa yang ditumbuhkan dengan pembelajaran open approach dengan menggunakan powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (59,8%), dan motivasi belajar siswa dan ketrampilan proses siswa yang ditumbuhkan dengan pembelajaran open approach dengan menggunakan powerpoint secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (76,2%). Selanjutnya dalam penelitian ini diperoleh juga bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran open approach dengan menggunakan powerpoint lebih baik dari pada hasil belajar konvensional.
The aim of the study is to know the mathematic learning passing grade using open approach method assisted by PowerPoint. Free variables are students’ learning motivation and ability process, and tied variable is the mathematic learning result. Data is gained by questionnaire, observation, and test. The data is preceded by descriptive analysis, one variable test analysis, and regression analysis. Based on one variable test analysis, it shows that mathematic learning using open approach method assisted by PowerPoint achieves standard passing grade on students’ learning motivation, ability process, and students’ learning result. Based on regression analysis, the students’ learning motivation which is grown up by the open approach method assisted by PowerPoint affects students’ learning result (66,9%), students’ ability process which is grown up by the open approach method assisted by PowerPoint affects students’ learning result (59,8%), and students’ learning motivation and students’ ability process which is grown up by the open approach method assisted by PowerPoint collectively affect students’ learning result (76,2%). The research comes into finding that students’ learning result in open approach method using PowerPoint is better than conventional learning.