Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi MASTER dan penerapan scaffolding yang valid, praktis dan efektif. Perangkat dikembangkan dengan model 4-D untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Data tes TKPM siswa diolah dengan uji t, proporsi z, dan regresi..Hasil pengembangan perangkat: (1) rata-rata silabus 4,13; RPP 4,11; buku siswa 4,07; LKS 4,14; dan TKPM 4,14; (2) praktis, dimana rerata hasil pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah baik yakni 4,08, 92,12% siswa memberikan respon positif, dan rerata respon guru 3,67 (3).efektif, di mana rata-rata TKPM siswa kelompok eksperimen 82,74 dengan banyak siswa yang mencapai KKM 82,75% sedangkan rata-rata TKPM siswa kelompok kontrol 65,33 dengan banyak siswa yang mencapai KKM 32,14%. Terdapat pengaruh kemandirian belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 78,5%. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba diperoleh perangkat yang valid dan hasil uji coba diperoleh pembelajaran yang efektif, maka tujuan pengembangan perangkat tercapai.

 

Pelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi MASTER dan penerapan scaffolding yang valid, praktis dan efektif. Perangkat dikembangkan dengan model 4-D untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Data tes TKPM siswa diolah dengan uji t, proporsi z, dan regresi..Hasil pengembangan perangkat: (1) rata-rata silabus 4,13; RPP 4,11; buku siswa 4,07; LKS 4,14; dan TKPM 4,14; (2) praktis, dimana rerata hasil pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah baik yakni 4,08, 92,12% siswa memberikan respon positif, dan rerata respon guru 3,67 (3).efektif, di mana rata-rata TKPM siswa kelompok eksperimen 82,74 dengan banyak siswa yang mencapai KKM 82,75% sedangkan rata-rata TKPM siswa kelompok kontrol 65,33 dengan banyak siswa yang mencapai KKM 32,14%. Terdapat pengaruh kemandirian belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 78,5%. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba diperoleh perangkat yang valid dan hasil uji coba diperoleh pembelajaran yang efektif, maka tujuan pengembangan perangkat tercapai.
Abstract
The purpose of this study was to develop the learning of mathematics with strategies MASTER and scaffolding application that valid, practical and effective. The device was developed with 4-D models to improve students’ problem-solving ability on the flat side of geometrical space grade VIII. Problem-solving test data processed by t test, the proportion of z, and regression. The development of learning outcomes as follows: (1) the average value of 4.13 validation syllabus; lesson plan 4.11; students book 4.07; student worksheet 4.14, and problem-solving test 4.14, (2) practice where score of teaching competence of teacher 4,08, positive student’ response 92,12% and average of teacher response of learning was 3,76, (3) effective where the average of problem-solving ability test of experimental group students got 82.74 with many students who achieve minimum competence 82.75 % while the average control group students got 65.33 with many students who achieve minimum competence 32.14%. There is the influence of independent learning and problem-solving skills of students to the problem solving abilities of students at 78.5%. Based on the validation results, the devince are valid and the test results showed effective learning, therefore, the goal of software development is achieved.