Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan (2) pembelajarannya efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D (define, design, develop). Data dianalisis dengan deskriptif, uji ketuntasan belajar menggunakan uji t, uji proporsi z, uji regresi, dan uji normalitas gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat yang dikembangkan telah dinyatakan valid oleh validator dengan skor rata-rata 4,18 untuk silabus, 4,24 untuk RPP, 4,35 untuk LKS, 4,37 untuk Buku Siswa, dan (2) uji coba perangkat menghasilkan (a) pembelajaran tuntas dengan rata-rata 77,58 (lebih dari 75), (b) rasa ingin tahu dan keterampilan pemecahan masalah berpengaruh positif sebesar 63,7% terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan persamaan Y Ì‚= -11,120 + 0,988X1 + 0,941X2 (c) peningkatan rasa ingin tahu dari 4 sampel terpilih berkisar antara 0,33 sampai 0,58 dan keterampilan pemecahan masalah berkisar antara 0,31 sampai 0,41 termasuk dalam kategori sedang (d) proses pembelajaran berdampak pada pembentukan pendidikan karakter dan pemecahan masalah meliputi perhatian, memori, proses berpikir, dan respons.

 

This study aims to: (1) generate a valid learning tool and (2) the implementation of an effective learning device. Development of learning tools using a modified model of Thiagarajan. Techniques of data analysis with descriptive analysis, test mastery learning using t-test, z proportions, regression testing, and test for normality gain. The results showed that: (1) a device developed has been declared valid by the validator with an average score of 4.18 for the syllabus, 4.24 for RPP, 4.35 for LKS, 4.37 for the Student Book, and (2) test devices produce (a) mastery of problem-solving ability of students eligible 75,00 statistically complete with average 77.58 (b) curiosity and problem solving skills positively by 63.7% of the problem-solving abilities with equation Y = -11.120 + 0.988X1 + 0.941X2 (c) increase the curiosity of 4 selected samples ranged from 0.33 to 0.58 and problem solving skills ranged from 0.31 to 0.41 are included in the medium category (d) affect the learning process of the formation of character education and problem solving include attention, memory, thinking processes, and response.