Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan perangkat pembelajaran berdasarkan strategi OPTIMIZE menggunakan model pembelajaran TTW untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII dalam materi kubus dan balok yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model Plomp. Data TKKM diolah menggunakan t test, uji proporsi z, regresi sederhana, dan uji Gain. Pengembangan perangkat menghasilkan: (1) Perangkat valid  diperoleh skor rata-rata silabus 3,49; RPP, 3,34; buku peserta didik 3,32; LKPD 3,41; dan TKKM dalam kategoriâ€validâ€. (2) Perangkat praktis dari respon siswa dengan skor 3,87 dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan skor 3,76, (3) pembelajaran efektif (a) TKKM 90,63 melampaui KKM 80 dan mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 80%, (b) Terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen 90,63 dan kelas kontrol 78,92, (c) Aktivitas peserta didik berpengaruh positif terhadapTKKMsebesar 61,4%, dan (d) Ada peningkatan yang cukup signifikan hasil pretes 69,04 dan hasil postes 90,63.

 

The purpose of this study is to determine the implementation of OPTIMIZE strategy using TTW learning model to improve mathematize communicating skill on cube and cuboid material in the VIII year which are valid, practice, and effective. The learning instrument development in this  research using Plomp model. TKKM data processed by t test, the proportion ofz, simple regression, and Gain test.The instrument development process produces (1) Valid learning instrument with validity score average: sylabus3.49; learning implementation planing 3.34; lesson material suplement 3.32;student worksheet 3.41; and TKKM is categorized “validâ€. (2) Learning instrument is practice from student activity with score 3.87 categorized active and teacher ability on learning  with score 3.76, (3) Learning is effective: (a) Postest TKKM reaches  90.63 passes minimum completeness criteria is 80 and reaches individual completeness more than 80%; (b) there is different average between experiment class 90.63 and control class 78.92, (c) Student activity is possitive influencial in student mathematize communicating skill is the amount 61.4%, and (d) There is significant score increasing pretest 69,04 and postest 90,63.