Is, W. (1998). Principal and Standart for School Mathematics. Journal of Equine Veterinary Science, 18(11), 719. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6
Nanang, A. (2016). Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Dalam. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 171–182. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4283
Noer, S. H. (2009). Peningkatan kemampan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009, 978–979.
Nurmasari, N., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Peluang Ditinjau dari Gender siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal ELektronik Pembelajaran Matematika, 2(4), 351–358.
Prianggono, A. (2013). Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Sekolah menengah Kejuruan (SMK) dalam Pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(2).
Silviani, R., Belajar, K., & Problem, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa melalui Model Problem Based Learning. 1(2), 105–116. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.381
Siregar, E. & Nara, H. 2011.TeoriBelajardanPembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siswono, E. (2004). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah ( Problem Posing ) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS). Buletin Pendidikan Matematika, 6, 1–16.
Sumahamijaya, S., Yasben, D., & Dana, D.A. 2003.Pendidikan karakter mandiri dan kewiraswastaan: suatu upaya keberhasilan program pendidikan berbasisluas/bord based education and life skills. Bandung: Angkasa
Sumarmo, U. 2010. Berpikir dan disposisi matematik: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung.
Zevenbergen, R., Dole, S., & Wright, R. J. 2004. Teaching Mathematics in Primary Shcool. Australia: Allen & Unwin.
Zohar, A., & Doni, Y. J. 2003. “ Higher Order Thinking Skill and Low Achienving Students: Are They Mutually Exclusiveâ€. The Journal of the Learning Sciences, 12(2): 145-1
- Abstract viewed - 157 times
- PDF downloaded - 271 times
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
© Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2021
Affiliations
Siti Nurcholifah
MI As Salam
Zaenuri Mastur
Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Dwijanto Dwijanto
Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
How to Cite
The Analysis of Mathematical Creative Thinking Skill and Independence in Problem-Based Learning With the Open-Ended Approach
Vol 10 No 1 (2021): June 2021
Submitted: Jan 20, 2021
Published: Jun 30, 2021