Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematikamodel Project Based Learning (PjBL) bermuatan etnomatematika untuk menin-gkatkan kemampuan koneksi matematika yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan pembelajaran mengacu pada model Plomp mencakup kegiatan investigasiawal,perancangan, realisasi/ konstruksi,pengujian,evaluasi,dan revisi.
Hasilpenelitian menunjukkanperangkatpembelajaran yangdikembangkan valid;
yangmeliputi validitassilabusdenganrata-rata 4,26 (sangatbaik);RPP denganrata-rata4,26 (sangatbaik); LKSdengan rata-rata 4,26 (sangatbaik); buku ajar
siswadengan rata-rata 4,27 (sangatbaik)); dan TKKM dengan rata-rata4,42 (sangat
baik).
Perangkatpembelajaran yangdikembangkan implementasinya dinyatakan
praktis,yaitu:(1)mengelolapembelajaran baik, skorrata-rata 4,48, 2),respon siswa
positif mempunyai rata-rata 87,71.  Penerapan pembelajaran matematika dinyatakanefektif, denganindikator (1)kemampuan koneksi metematikamencapai ketuntasandengannilairataan80, kemampuankoneksimetematikamencapaiketuntasanklasikal dengan  ketuntasan mencapai85%,(2) Kelasmodel PjBLbermuatan
etnomatematikalebih baikdari pada kelas ekspositori; 3)Karakter cinta budaya
lokaldanketerampilanprosesberpengaruhpositif terhadap kemampuan koneksimetematika; dan 4) Adanya peningkatan proses pembentukan kemampuan koneksimetematika pada kelas model PjBL bermuatan etnomatematika.

Abstract

This study aims to determine the validity, analyze the practicality, analyze the effectivenessof  the application of  the learning mathematics. The research that used is instructional developmentmodel whichreferstoa Plomp’smodel. Theresultsof the development of  learningas follows: (1) develop a valid learning tool; Syllabus is 4.26 (very good); RPP is 4.26 (very good); LKS is 4.26 (very good); Textbook students is  4.27 (very good)); and TKKM is 4.42 (very good).; (2) learning   specified practice, namely: 1) abilityto manage classroom teacheisverygoodhasan average 4.48, 2) the positive student response to learning has an average  87.71;(3) learning mathematics effective, with indicator: 1) connection mathematics ability reachthe mastery standard both individually and classically; 2) class that learn use project basedlearning model contained etnomatematics better than expoxitory; 3) character source localcultureand Process Skill spositive influence on the connection of  mathematics ability as largeas 0.918; and 4) an increasing in the connection of  mathematics ability formation proccess of class project based learning model contained etnomatematics.

 

Â