KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI DENGAN PENDEKATAN CONCEPT MAPPING BERBASIS KARAKTER
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah mengetahui implementasi pembelajaran  kooperatif TAI dengan pendekatan concept mapping berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika materi Geometrikelas X yang efektif  denganperangkat yang valid dan praktis mengacu model Thiagarajan yang dimodifikasi.Data TKLM diolah uji t, regresi, independen sample t-test, dan uji gain. Hasilpengembangan perangkat, sebagai berikut1) Perangkat pembelajaran valid denganskor silabus 3,96, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)4,05, Buku Ajar Siswa4,10,  Lembar Kerja Siswa(LKS) 4,10, dan Tes Kemampuan Literasi Matematika(TKLM)3,83; 2) Penerapan perangkat pembelajaran praktis, yaitu : (1) keterpakaianperangkat baik skor rata-rata 3,78 dan  (2) angket respon siswa positif  rata-rata81,8 %; 3) Pembelajaran efektif yaitu: (1) rata-rata TKLM 73,72dan ketuntasanrata-rata kelas>85 %,(2) karakter kemandirian dan keterampilan berpikir kreatif berpengaruh positif  terhadap kemampuan literasi matematika sebesar 80,3 %,(3)adanya perbedaan yang signifikan rata-rata kelas eksperimen 73,72  lebih baik darikelas kontrol 68,08; (4) adanya peningkatan enam siswa pilihan terhadap karakter0,595 dan keterampilan berpikir kreatif0,413 serta kemampuan literasi matematika0,650. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba diperoleh perangkat valid,praktis, dan efektif, makatujuanpengembanganperangkattercapai.
Abstract
The purposeof  learning using character based cooperatife TAI with concept mappingapproach in crease mathematics literacy ability on effective Geometry material of  grade Xvalid and practical diveces refers to modifiedThiagarajan model. Date processed by t-test,regression, independent sample t-test, andgain test. The result of  learning devices developmentare as follows: 1) learning diveces developedvalid;Silabus3,96; RPP 4,05; BAS 4,10; LKS4,10; and TKLM3,82; 2) Classified partical, namely:(1) usefull good average3,78;(2) thepositivestudentresponseto learning average 81,8 %; 3) Mathematics learning is classifiedeffective, namely: (1) the TKLM average 73,72 and classicalincreased TKLM>85%, (2)the existence of  a positiveinfluence of  independent characterslearnand creative thinkingskills to mathematics literacy abillity 80,3 %, (3) there is a significant difference betwenmathematics literacy in experimental class 73,72 better than control class 68,08; (4) anincreasethe selectedsixstudents for their independent character 0,595 and creativethinkingskills0,413, while ability to mathematics literacy clasically 0,650. Based on theresults ofthevalidationandthetest results it is obtainedvalid, practicaland effective, therefor the goal of diveces developmentachieved.