PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL IKRAR BERPENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Penelitianini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika Model IKRARberpendekatan RME yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan mengacupada model Plomp. Hasil penelitian ini adalah: (1)perangkatpembelajaran yangdikembangkan valid: Silabus 3,99 (baik); RPP3,93 (baik); bukusiswa 3,86 (baik);LKS 3,84 (baik); dan TKRM 4,03 (sangat baik) untuk rentang 1-5; (2) Perangkatpembelajaran dinyatakan praktis: a) rata-rata kemampuan guru mengelola kelas4,27 (sangat baik) untuk rentang 1-5; danb)rata-rata respon siswa positif  83,64%;(3) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif: a) rata-rata KRM kelas uji cobaperangkat lebih besar dari 70, proporsi siswa dengan nilai minimal 70 melebihi75%; b) KRM siswa kelas IKRAR dengan rata-rata sebesar 81,95 lebih baik daripada kelas ekspositori sebesar 68,91; c) KRM siswa dipengaruhi secara bersamasamaoleh kemandiriandanketerampilansebesar73,2%;d)peningkatan KRM
kelasIKRARsebesar 0,62 (sedang).Dalam pembelajaan matematika, hendaknya
gurumemperhatikankemampuanrepresentasimatematikasiswa,khususnya
dalammerepresentasikansoaldari bentuk teksmenjadibentuksimbolmatematika.
Abstract
The purposeof  this studywas toproduce amathematics learning equipment is valid, practice,and effectiven. The research that used is instructional development model which refers toa Plomp’s model.Theresult of  learning equipment development as follows: (1) learningequipment developed isvalid: syllabusis 3,99 (good); RPPis3,93(good); student book is3,86 (good); LKSis3,84 (good); and testthe KRM is 4,03 (very good) for 1 to 5 scale; (2)learningtooluse specified practice, namely: a) abilityto manage classroom teacher is very goodhas an average 4,27, b) the positive student response to learning hasan average 83,64%;(3)learningmathematicseffective: a) KRM average grade test device is greater than 73, aswell as the proportion of  students who learn a minimum value equal by 70 by 75 %; b)the existence of  a positive influence of  independent learning and skill of  the matematicalrepresentationabilityas large as 81,95; c) class that learn use IKRAR Models better thanexpoxitory; and d) an increasing intheKRM formation proccess ofIKRAR class is 0,62(medium). In mathematics learning, teacher should pay attention to student’s mathematicalrepresentation ability, specialy to representate text form to mathematics symbol.