KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN TERPADU MODEL INTEGRATED BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terpadu modelintegrated bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuanpemecahan masalah siswa yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkatpembelajaran pada penelitian ini menggunakan modofikasi model Thiagarajan.Data TKPM diolah menggunakan t test, uji proporsi z, regresi sederhana, danuji Gain. Pengembangan perangkat menghasilkan: (1) Perangkat valid diperolehskor rata-rata silabus 3,80; RPP 3,87; buku siswa 3,64; LKS 3,58; dan TKPM 3,39dan keseluruhannya dalam kategori “validâ€. (2) Perangkat praktis yang dilihatdari pengamatan pengelolaan pembelajaran 3,83 (baik), dan respon siswa 86,21%(sangat positif), (3) pembelajaran efektif  (a) TKPM 76,94 melampaui KKM 70dan mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 80%, (b) Rata-rata hasil TKPMmodel integrated lebih dari rata-rata hasil TKPM dengan metode konvensional, (c)Aktivitas peserta didik berpengaruh positif  terhadap TKPM sebesar 89,8%, dan (d)Ada peningkatan yang cukup signifikan pretest 42,18 dan posttest 76,94.
Abstract
The purpose of  this study to obtain the integrated learning model of  integrated chargedcharacter education to enhance students’ problem solving abilities are valid, practical, andeffective. The development of  learning tools in this study using a modification of  the modelThiagarajan. TKPM data processed using t-test, z test of  proportion, simple regression, andtest Gain. Software development produces: (1) a valid device obtained an average score of  3.80syllabus; RPP 3.87; BSS 3.64; LKS 3.58, and 3.39 and its overall TKPM in the categoryof  “validâ€. (2) practical tools in the observation of  the learning management 3.83 (good),and 86.21% student response (very positive), (3) effective learning (a) 76.94 TKPM exceed70 KKM and achieve mastery over classical of  80%, (b) Average results TKPM integratedmodel more than the average TKPM results with conventional methods, (c) Activities learnerspositive effect on TKPM by 89.8.8%, and (d) There is a significant increase pretest 42.18 andposttest 76.94.