Abstract

Abstrak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran matematika pada materi segiempat kelas VII SMPN RSBI. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian hingga valid. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP PBL dengan PSA, student work sheets project. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif dan kuesioner. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMPN RSBI 1 Juwana di Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik analisis menggunakan two way ANOVA dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan sebelum implementasi PBL dengan PSA rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa berada pada level kurang kreatif (23,11). Ditinjau berdasarkan aspek berpikir kreatif pada awal pembelajaran, kelancaran (2,18), keluwesan (2,02), keaslian (2,46), elaborasi (2,50) dan sensitivitas (2,39) siswa kurang kreatif. Setelah adanya implementasi PBL dengan PSA, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat levelnya menjadi cukup kreatif (29,00). Ditinjau pada akhir pembelajaran didapat kelancaran (2,77), keaslian (3,04), elaborasi (2,82) dan sensitivitas (3,32) siswa cukup kreatif, sedangkan keluwesan  dalam berpikir kreatif siswa (2,55) levelnya masih kurang kreatif. Sebagian besar siswa merasa senang, tidak terbebani oleh proyek-proyek yang diberikan. Siswa juga memperoleh manfaat berarti melalui penerapan peer and self assessment.

 

 

Abstract.

This study aims to determine the students creative thinking ability who follow those learning for grade VII on Quadrilateral material. This research is qualitative and quantitative research. Qualitative research is used to develop learning devices and research instruments. Learning devices that had developed are lesson plan of  PBL whit PSA and student work sheets project. Instruments that used in this study are test for the ability to think creatively. Tests were performed before and after learning. Population is all students where in grade VII  SMPN RSBI 1 Juwana in Pati regency for lessons year 2011/2012. Samples were taken using a cluster sampling technique. Data were analyzed by ANOVA and N-Gain. The results showed that before implementation of PBL whit PSA, the average of students creative thinking ability in level (23,11). Based on creative thinking aspect, fluency (2,18), flexibility (2,02), originality (2,46), elaboration (2,50), sensitivity (2,39) level of students are less creative. After implementation, the average of students creative thinking ability is go up to be fair level (29,00). Based on creative thinking aspect, fluency (2,77), originality (3,04), elaboration (2,82), sensitivity (3,32) level of students are fair, whereas flexibility (2,55) level still in less creative.